Thursday, 1 January 2015

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Punya Akun Goodreads

via www.popularphotographybiz.com / edited by me

Selamat tahun baru 2015 kepada semua penghuni bumi :) Terlepas dari beragam cobaan baik itu menyenangkan dan menyedihkan, jangan lupa untuk terus bersyukur dan berdoa untuk keselamatan manusia dimana pun :)

Kalau kemarin, ketika malam tahun baru aku menulis untuk blog bukuku, Shiori-ko (hei, usianya sudah satu tahun loh!), pada hari pertama di 2015 aku ingin berbagi kepada pembaca sekalian terutama bagi mereka yang memiliki hobi sama denganku: membaca. Tapi, bagi yang belum menemukan kesenangan di tengah kegiatan tersebut, juga boleh kok terus membaca tulisan ini :)

Pada tulisan kali ini aku ingin memaparkan alasan (bagiku) mengapa kamu perlu memiliki akun Goodreads. Goodreads adalah salah stu akun jejaring sosial berbasis "berbagi" informasi tentang perbukuan. Di dalam Goodreads, pengguna bisa saling mengomentari buku yang sedang mereka baca, memberi rating, hingga nimbrung di forum (thread) yang ada di dalamnya. Daripada berpanjang lebar, mungkin alasanku ini bisa memberikan kalian pencerahan. Sila disimak :)

1. Goodreads adalah salah satu komunitas sesama pembaca buku besar yang ada di Indonesia
Ingat pepatah "kalau bergaul dengan penjual parfum maka badan kita juga akan wangi"? Kurang lebih itulah yang akan kamu rasakan ketika kamu berhasil membuat akun Goodreads. Kamu akan dikelilingi oleh mereka yang suka baca. Caranya, cari saja grup Goodreads Indonesia dan mulai masuk ke dalamnya. Add as friend beberapa orang yang ada disana dan nanti kamu akan dapat melihat update status mereka di laman utama Goodreadsmu, yang mana hal ini akan membuat kamu penasaran dengan progres membaca mereka dan tertular untuk ikut membaca juga. 



Ohya, tidak hanya Goodreads Indonesia, ada banyak grup yang bisa kamu masuki dan ikutan berkomentar. Misalnya seperti grup Indonesia Who Loves English Books yang bisa kamu jadikan dorongan supaya memulai membaca english book. Ada pula grup yang berisi giveaway atau sesama pemilik akun Goodreads yang sedang baik hati bagi-bagi buku gratis. Seru kan? 

2. Goodreads punya Reading Challenge yang bisa dijadikan motivasi diri 



Goodreads setiap tahunnya memiliki fitur Reading Challenge, yakni dimana kita diminta untuk menantang diri kita sendiri berapa banyak buku yang mampu kita "habiskan" selama satu tahun. Bukankah rasanya menyenangkan jika kita bisa memenuhi target yang kita buat sendiri? :)

3. Goodreads membantumu mengambil keputusan 



Misalkan nih, kamu ragu-ragu untuk membeli suatu judul, coba ketik saja di kolom pencari yang tersedia di Goodreads. Muncullah rating secara umum dan juga beragam komentar mengenai judul buku tersebut. Tentu hal ini cukup membantu untuk memutuskan apakah kamu sebaiknya membeli buku itu atau tidak. 

4. Goodreads hanya berdiskusi mengenai perbukuan 



Berbeda dengan beberapa akun jejaring media sosial yang lain, di Goodreads kamu akan sangat jarang (atau malah tidak pernah?) menemukan akun-akun yang berghibah. Jadi, kamu pun juga akan terhindar dari dosa membicarakan orang lain, karena yang akan didiskusikan adalah seputar dunia buku seperti buku terbaru, buku yang akan diterjemahkan, karya seorang penulis ternama, saling merekmoendasikan dan bahkan berbagi informasi mendapatkan buku-buku langka. Menyenangkan bukan?

5. Goodreads membantu kamu untuk keep on track with what you're reading 


Ada salah satu fitur yakni "Currently Reading" dimana kamu bisa menandai buku apa yang sedang kamu baca. Dan ketika buku itu sudah selesai dibaca, kamu bisa mengubah statusnya menjadi "I'm finished". Sehingga kamu sendiri bisa membuat statistik berapa banyak buku yang berhasil kamu baca dalam jangka waktu tertentu, satu bulan misalnya. Siapa tahu hasil analisamu itu ternyata bisa kamu gunakan untuk memperbaiki strategi membacamu untuk membaca lebih banyak buku :)

---

Yak, itulah 5 alasan dari kacamataku mengapa kamu harus punya akun Goodreads kalau kamu ingin bisa membaca lebih banyak. Semoga 5 poin tersebut cukup informatif dan membantu. Buat sekarang dan jangan lupa add akun Goodreadsku ya (kamu bisa klik disini). Selamat membaca dan selamat menempuh tahun yang baru! :)

2 comments:

  1. Aku punya akun goodreads, tapi sayang waktu dan kesibukan bikin waktu buat baca buku benar-benar minimal TnT

    Hessss, aku kembali di blogger!

    ReplyDelete
  2. Aku pembaca yang sangat aktif, aku sudah membaca sekitar 1000an buku, tidak termasuk komik dan novel karena itu diajak teman buat akun di goodreads. Sayangnya aku tidak pandai mereview buku secara mendetail, lebih bisa ambil hal-hal penting dari buku itu saja. :)

    ReplyDelete