Monday, 27 October 2014

5 Langkah Kecil Memulai Membaca

Banyak orang yang mengeluhkan kalau mereka tidak suka membaca. Well, sesungguhnya bukan tidak suka, melainkan belum menemukan buku yang tepat. Seringkali kita berpikir bahwa orang yang membaca adalah orang yang pintar. Kalau kita saja bisa memberikan penilaian seperti itu kepada pembaca, mengapa kita tidak bisa menjadi seperti mereka juga? Berikut adalah langkah awal nan mudah untuk siapapun yang ingin memulai jatuh cinta dengan membaca.

Bacalah buku bergambar

via ligagame.com
Serius! Kendala orang yang tidak suka membaca adalah karena mereka tidak bisa fokus menghadapi satu halaman yang penuh dengan tulisan, sekalipun itu adalah buku fiksi. Maka dari itu, cobalah untuk membaca buku yang kaya dengan gamabar. Buku anak-anak? Bisa jadi. Tetapi, tahukah kalian bahwa buku bergambar tidak hanya buku anak-anak saja? Ada banyak buku yang bisa dijadikan awal mula membaca, seperti buku karya Benny Rachmadi atau Mice atau komikus dan ilustrator Indonesia yang sudah sering menerbitkan buku. Kalau mau sekalian belajar, coba juga baca karya Larry Gonnick karena ia menceritakan semua hal non-fiksi dalam bentuk komik! Seru kan?

Bacalah apa yang kamu suka

via sealedabstarct.com

 Masih ingat dengan pepatah “Anjing menggonggong khafilah tetap berlalu”? Nah, resapilah maknanya sehingga akan mempermudah kamu untuk mulai suka membaca. Kamu suka hal yang berbau mistis? Baca saja buku-buku misteri seperti kumpulan kasus yang tidak terpecahkan. Kamu sudah berusia 20an tetapi suka dengan serial Ben 10? Kenapa tidak? Dirimu lah yang ingin jatuh cinta dengan membaca, jangan sampai ada yang membuatmu patah hati dengan buku hanya karena pendapat dari pandangan mereka saja. Bukankah memulai sesuatu dari yang kita suka akan lebih bertahan lama?

Biasakan membaca di saat senggang

via martineve.com
Apa? Kamu tidak punya waktu senggang? Punya, hanya saja kita tidak sadar kalau itu adalah waktu senggang. Misalnya ketika menunggu antrean bimbingan dosen di ruang dosen. Daripada kamu gunakan untuk utak-atik handphone (karena tidak tahu harus ngapain) mengapa tidak dicoba untuk membac saja? Selain menghemat daya baterai gadgetmu itu, kamu juga mendapat ilmu baru sekaligus menggunakan waktu sempitmu tadi untuk melakukan suatu yang bermanfaat.

Bertemanlah dengan yang suka baca
Basi banget kalau kamu masih bilang mereka si kutubuku adalah sosok yang tidak gaul Ingat, di era masa kini, katanya nerd is cool. Jadi, kalau kamu mau menjadi sosok yang keren juga, ya bergaul dengan mereka. Mungkin mereka tidak nyambung ketika kamu ngomong panjang lebar mengenai fesyen terbaru atau game yang lagi hype saat ini. Tapi coba deh ajak ngobrol tentang buku new release, dia pasti suka. Selain itu, dengan berteman bersama para bookworm, khazanah pengetahuanmu akan bertambah karena apa yang akan dijadikan bahan obrolan biasanya adalah topik dari apa yang mereka baca. Akhirnya, kamu pun jadi ingin ikut membaca apa yang dia “lahap”. Coba bayangkan jika orang seperti Hermione Granger menjadi teman dekatmu.

via teen.com

Ikut dalam komunitas literasi
Lagi-lagi berpedoman pada pepatah “Kalau ingin wangi, bergaulah dengan penjual parfum”. Begitu pula dengan membaca. Kalau ingin suka baca, bergabunglah dalam komunitas perbukuan. Di Indonesia ada banyak sekali komunitas yang bergerak dalam bidang literasi. Tinggal kamu menyesuaikan mana yang sekiranya cocok untukmu (baik visi dan misi serta bauran usia anggota). Kalau kamu tidak tahu dimana dan apa saja komunitas itu, kamu bisa bertanya dengan temanmu yang suka baca. Minimal, kaum bookworm selalu berkumpul dengan sesamanya dalam sebuah komunitas. Contohnya saja Lendabook yang punya komunitas offline di berbagai kota di Indonesia.

---

Bagaimana? Mudahkan untuk suka membaca? Kalau semua langkah di atas sudah dilakukan, sisanya adalah untuk tetap konsisten dan jangan patah semangat. Suatu saat kamu pasti akan menemukan satu buku yang membuat kamu akhirnya mencintai kegiatan membaca :)  

 

No comments:

Post a Comment