Thursday, 30 January 2014

The Internship

Hai! Now, I'm currently an intern. Kalau kalian sempat membaca twitku beberapa hari belakangan ini pasti aku berada di mana. Yap! Aku sedang di ibukota, bukan liburan sih, tapi untuk kerja praktik (KP) di Perpustakaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atau yang punya nama gaul Library @ Senayan. Aku sempatkan untuk bercerita disini ya :)


Library @ Senayan ini terletak di Gedung A Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jln. Sudirman, Senayan. Menempati lantai 1 dan mezanin, Perpus Kemdikbud bagiku seperti perpustakaan di luar negeri (never been there but I watched some on youtube). Di lantai pertama, kamu bakal bertemu dengan banyak tempat duduk dan meja resepsionis. Ketika kamu masuk, bakal ada suguhan tempat duduk yang jauh lebih nyaman dan beberapa koleksi terbitan berkala seperti koran dan majalah. Eh, ada jurnal ilmiah juga kok. 

Naik ke area mezaninnya, disinilah terdapat fasilitas dan koleksi yang lebih lengkap. Ada koleksi berupa buku, audio visual (penataannya mirip di toko kaset gitu guys!), dan beberapa terbitan berkala populer (seperti majalah Gadis, Cinemags, Jalan-Jalan). Bahkan, Perpustakaan Kemdikbud ini punya mini thaeater! Waduh, aku makin ingin saja memboyongnya pulang ke Surabaya nanti :p

yang bawah itu koleksi VHS loh!
Aku secara resmi mulai magang sejak tanggal 27 Januari lalu bersama seorang teman. Kami hanya berdua karena memang syarat dari kampus seperti itu. Mengapa aku memilih Perpustakaan Kemdikbud? Alasannya sih sebenarnya...karena bersebelahan dengan fX Plaza yang di lantai 4 ada JKT48 Theater (ini niat yang kurang baik, jangan ditiru ya) namun kenyataanya adalah, hingga tulisan ini diketik, aku masih belum sempat main kesana hiks...

Sebenarnya aku lebih condong ke arah mencari pengalaman dan koneksi baru. Di Surabaya masih ada banyak instansi yang bisa aku datangi dan aku jadikan lokasi magang, tetapi aku memilih di ibukota saja, dengan asumsi bahwa mereka bisa memberikan aku lebih banyak peluang dan kesempatan untuk aku gunakan sekembalinya aku ke Surabaya. 

Yang aku suka dari kegiatan kerja praktik ini adalah...apalagi kalau bukan bertemu buku-buku! Tapi yang benar-benar membuat aku terbuka wawasan ialah ketika aku mendapat tugas untuk mendata beragam buku yang ternyata merupakan hasil sumbangan dari beragam unit di beragam Kementerian di Indonesia, alias (dalam ilmu perpustakaan) disebut dengan terbitan pemerintah. Nah, disinilah aku menyadari bahwa sesungguhnya pemerintah sudah berada pada jalan yang benar kok dalam menyelenggarakn negara. Buktinya, ketika pemerintah menciptakan sebuah "produk", mereka juga menyediakan "buku panduan" untuk "penggunanya". Pemerintah juga niat kok dalam melakukan banyak program, karena ya itu tadi, mereka juga menyertakan buku. 

Weits, terbitan pemerintah yang aku data memiliki kualitas yang baik lo, dalam hal fisik maupun konten bacaannya. Namun, sayangnya aku merasa kalau terbitan pemerintah ini kurang tersebar secara merata di perpustakaan-perpustakaan (atau jangan-jangan sebenarnya sudah diberikan dan masyarakatnya tidak pernah mengakses?). Dan bagi mereka yang melakukan riset atau penelitian, akan cukup terbantu dengan terbitan pemerintah tersebut. Disitu lah aku merasa kalau uang pajak yang selalu kita bayarkan kepada negara, ternyata juga menghasilkan informasi berkualitas. 

Kepala Perpustakaan Kemdikbud sempat mengungkapkan bahwa memang seharusnya, Libraru @ Senayan ini dapat mengelola semua koleksi terbitan pemerintah agar bisa dimanfaatkan dengan sebaiknya oleh mereka yang butuh banyak informasi seputar pemerintah. Yap! Aku setuju :)

Sebelum aku memulai kegiatan, aku menyempatkan diri untuk melihat-melihat rak buku disana. Sungguh, aku langsung kalap begitu tahu koleksi fiksi yang mereka miliki. Banyak buku yang tidak kusangka menjadi koleksi Perpustakaan Kemdikbud. Misalnya saja, ada satu kolom yang berisi semua koleksi Agatha Christie! Mereka bahkan juga punya Tin Tin dan masih banyak lagi! Waduh, kalau sudah begini, aku cuman bisa berharap bahwa perpustakaan di Surabaya punya seperti itu...

Series of Unfortunate Events!!!

Sejauh ini, aku menikmati sekali bekerja di Perpustakaan Kemdikbud. Disamping karena memang koleksinya bisa bikin tercengang, auranya juga menyenangkan. Kami dari Unair sedang menjalankan KP disana bersama dengan 3 mahasiswi dari UIN Jakarta (iya, fotonya menyusul ya :p). Awalnya kami malu-malu, namun menginjak hari keempat aku disana, kami sudah bisa bercanda dan ngobrol seru (mereka sudah menjalani 10 hari).

koleksi yang datang Senin (27/01) menunggu untuk diolah
 
By the way, gara-gara kegiatan KP ini, aku jadi teringat bukunya kak Margareta Astaman yang berjudul Fresh Graduate Boss. Pada salah satu babnya menceritakan bagaimana tingkah staf magang...selalu berusaha pulang lebih dulu...dan itu benar! Apalagi di Jakarta yang kemacetan sama susahnya diprediksi seperti hati wanita *eh*. Semenit begitu berharga :p

Well, segitu dulu ya ceritaku! :)

No comments:

Post a Comment