Sunday, 29 December 2013

When a Choice can Transform and Destroy You

sumber
Penulis: Veronica Roth
Tahun Publikasi: Divergent - 2011 ; Insurgent - 2012
Tokoh: Beatrice "Tris" Prior, Tobias "Four" Eaton, Eric, Peter, Albert, Drew, Caleb Prior, Andrew Prior, Natalie Prior, Jeanine Matthews, Marcus Eaton

Plot
Divergent
Dystopian Chicago saat itu membagi sekumpulan manusia di dalamnya menjadi 5 faksi (Abnegation, Dauntless, Candor, Amenity, Erudite) yang ditentukan dari sebuah tes, semacam tes kepribadian. Tes ini diberikan kepada remaja yang menginjak usia 16 tahun pada tahun itu (aku mengasumsikan bahwa tiap tes diadakan rutin setiap tahun). Dimana hasil tes tersebut bisa didiskusikan dengan orang tua mereka apakah mereka akan mengambil (memilih faksi) berdasarkan hasil tes atau tidak. 

Suatu ketika, itu adalah giliran Beatrice dan kakanya Caleb untuk mengikuti tes. Mereka berdua sebelumnya berada pada faksi Abnegation ditambah pula kedua orang tua mereka merupakan pimpinan Abnegation. Sampai hari penentuan itu tiba, Beatrice dan Caleb sama-sama tidak mendiskusikan hasil tesnya baik sesama mereka ataupun dengan orang tua mereka. Ternyata Beatrice memilih Dauntless dan Caleb memilih Erudite.
Masalah tidak berhenti sampai disitu. Status Beatrice yang ternyata seorang Divergent (orang yang memiliki lebih dari 1 hasil tes faksi) bisa membahayakan dirinya, bahkan seluruh keluarganya. Kehidupan sebagai newbie di Dauntless juga tidak gampang, Beatrice harus melalui masa percobaan. Disini pulalah dia bertemu dengan pelatihnya yang bernama Four. Sudah bisa diduga bahwa akhirnya mereka pun menjadi sepasang kekasih.

Tetapi apa yang dihadapi Beatrice --yang kemudian mengubah namanya menjadi "Tris"-- tidak hanya tentang menjadi Dauntless, namun ada sebuah misi rahasia yang memnafaatkan para Dauntless dan mengancam kehidupan seluruh manusia di Chicago.

Insurgent
Four dan Tris berhasil keluar dari area Dauntless dan terus berlari agar mereka tetap aman. Mereka pun mencari bantuan ke faksi lain walaupun sudahtahu bahwa resikonya mereka bisa ditangkap dan dibunuh atau dimanfaatkan oleh Jeanine Matthews, pemimpin faksi Erudite yang menafaatkan orang-orang dari Dauntless. 

Tris dan Four kembali diuji dengan siapa seharusnya mereka percaya, kepada siapa mereka harusnya berlindung. Bahkan sesama anggota keluarga, Tris dan Caleb, mereka seakan bisa saling membunuh. 
Rencana Jeanine ternyata tidak hanya sesimpel itu. Yang awalnya tidak akan bisa mengendalikan para Divergent, ternyata mereka tengah memodifikasi dan mengembangkan serum untuk para Divergent dan menjadikan mereka tentara Erudite. Akhirnya, terkuak sudah rencana utama Jeanine, membuat Chicago berada di bawah kekuasaanya.

Tris pun harus menemukan suatu benda yang diyakini dilindungi oleh Marcus Eaton dan kedua orang tuanya, yang jangan sampai bisa didapatkan oleh Jeanine. Dalam perburuannya ini, Tris harus terluka parah, hubungannya dengan Four pun juga terancam berakhir.

Pendapat Pribadi
Untuk sebuah kisah dystopia, menurutku Divergent dan Insurgent ini adalah cerita yang menarik. Ada banyak tokoh yang tidak bisa diduga kedudukannya. Seakan ia bisa dipercaya, tapi ternyata ia adalah salah satu pasukan musuh. Aku pun merasakan ketegangan ketika Tris dan Four harus berupaya untuk menembus kawanan tentara Dauntless dan keluar dari sana.

Misteri yang ditawarkan juga cukup membuatku ingin lanjut membaca. Terutama tentang sejarah masing-masing karakter yang pada akhirnya saling berhubungan dan menjelaskan mengapa Jeanine ingin merebutkan sesuatu dari kedua orang tua Tris.

Namun sayangnya, yang aku kurang suka adalah porsi adegan romantis yang ada pada kedua novel ini. Memang, novel ini berada pada genre young adult dimana pastinya rata-rata pembacanya adalah remaja (yang kukira mereka suka dengan suguhan romantis). Tetapi, deskripsi cerita tentang Tris dan Four menurutku terlalu banyak dan seakan-akan mereka masih bisa memadu kasih di saat mereka sendiri sedang dalam bahaya dan harus memburu suatu benda. Aku sendir merasa risih dan bosan apabila aku sudah mencapai dimana Four dan Tris bertemu dan...yah kalian bisa menebak sendiri kelanjutannya seperti apa.

Pendapatku sih, kedua buku ini masih bisa dibaca kalau kalian ingin buku petualangan yang seru dan menegangkan, tetapi sayangnya aku lebih memilih The Hunger Games Trilogy.

---

Kabar baiknya adalah Divergent akan rilis pada bulan April 2014! Pastikan kalian sudah membaca bukunya ya supaya imajinasi kalian tidak disetir oleh sosok aktor/aktris di film itu nanti. By the way, yang berperan menjadi Four menurutku jauh dari apa yang aku bayangkan T-T 

Thanks to Tisa Larasati who lent me that 2 books. Absolutely I'll read the 3rd, Allegiant :)

1 comment:

  1. Novel aslinya ada gan?ana lgi butuh nih buat skripsi. novel yang berbahasa Inggrisnya..
    Inbox via email ya:
    sancger11@gmail.com

    ReplyDelete