Saturday, 10 August 2013

Biblia Koshodu no Jiken Techou

Biblia Koshodou no Jiken Techou
Broadcast network: Fuji TV
Broadcast period: 14 January 2013 - 25 March 2013
Casts: Gouriki Ayame (Shinokawa Shioriko); AKIRA (Goura Daisuke); Takahashi Katsumi (Shida Hajime); Suzuki Kosuke (Fujinami Akio)




Sinopsis
Shinokawa Shioriko, pemilik toko buku bekas bernama Biblia bersama dengan Goura Daisuke dan Shida Hajime sering memecahkan misteri yang berkaitan dengan buku. Banyak orang yang telah dibantu oleh Shinokawa-san dari yang hanya penduduk biasa hingga seorang pejabat negara. Tidak hanya itu, dibalik semua misteri yang dipecahkan oleh mereka, ternyata masih ada misteri lainnya yang menunggu dan mengancam keselamatan Shinokawa-san. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca disini


Pendapatku
Cerita yang diangkat sebenarnya sederhana. Petunjuk awalnya hanya datang dari sebuah buku, terkadang hanya potongan dari bagian buku seperti judul, nama pengarang, hingga penggalan cerita. Dari segi plot, drama Jepang yang ini juga tidak biasa. Teka-teki yang disuguhkan pada setiap serinya ternyata mengantarkan pada teka-teki yang sesungguhnya. Itulah yang menurutku membuat drama ini lebih menarik. Double twists. Jadi tidak hanya sekedar satu seri menyelesaikan masalah saja, tapi setiap seri membawa petunjuk akan suatu hal yang lebih besar dan mengejutkan pada akhir musim drama ini.

Kalau dari karakter, aku terpukau dengan karakter Shinokawa Shioriko atau sering dipanggil Shinokawa-san oleh teman-temannya. Shinokawa-san membuktikan bahwa banyak membaca adalah sebuah keuntungan. Malah ada satu tagline yang aku suka hingga kini. Shinokawa-san pulalah yang membuatku semakin percaya diri untuk membangun mimpi memiliki toko buku (atau mungkin aku akan membuka toko buku bekas seperti Biblia). Shinokawa-san benar-benar expert dibidangnya, sastra. Dia memahami sejarah dibalik mengapa sebuah buku ditulis. Yap, dalam drama tersebut, banyak petunjuk yang mereka temukan dapat dikaitkan dengan sejarah Jepang. Lagi-lagi aku terpukau. Menjadi seorang kutu buku yang mengerti seluk beluk setiap buku yang ada di dalamnya ternyata menyenangkan! Coba saja kalau Shinokawa-san tidak paham keseluruhan dari buku, mungkin teka-teki itu akan tidak terpecahkan. 

Aku juga suka dengan cara berpakaian Shinokawa-san. Unik namun tidak mengumbar. Kebanyakan ia hanya menggunakan warna netral seperti coklat, putih, dan hitam. Dengan pashmina, cardigan, bolero, kemeja, dan rok panjang. I think she shows us that being nerd not always by being in checkboard shirt with glasses. Malah tokoh yang nampaknya seorang kutu buku karena ia mengenakan kacamata, tidak bisa membaca buku, ia mengalami gangguan konsentrasi. 

Secara keseluruhan, drama ini layak ditonton. Moral value yang dibawakan juga menarik. Sudah aku sebutkan sebelumnya bahwa menjadi ahli dibidangnya tentu membawa keuntungan, apalagi hingga membawa manfaat untuk orang lain. Karena tentu saja, untuk menjadi seorang yang ahli kita akan melalui proses belajar yang tidak mudah, plus menghadapi banyak kejadian yang akhirnya menjadi pengalaman sebagai referensi menentukan pilihan. Apalagi kalau niat "being the expertise" didukung pula oleh passion, insya Allah, kita akan lebih semangat untuk belajar. Sama denganku yang kini masih sekolah di bidang Ilmu Perpustakaan. Aku tidak peduli apabila orang lain menganggap bahwa ilmu yang aku pelajari tidak penting, atau bahkan bertanya "oh, nanti jadi yang bagian bersihin buku di rak ya?", karena aku menjalani pendidikan ini dengan passion, maka aku yakin, suatu saat aku juga bisa sepert Shinokawa-san, membantu seseorang mendapatkan buku yang sesuai dengan karakter/kepribadiannya. Tidak peduli juga bahwa buku yang aku baca kebanyakan adalah dongeng anak-anak. At least, I'm living in the world that I love.

not being able to read a book is totally a waste - Shinokawa Shioriko
By the way, mungkinkah Indonesia membuat serial seperti ini? Banyak loh sastrawan yang karyanya bagus dan memiliki latar belakang unik, seperti Pramoedya Ananta Toer misal? :)

1 comment:

  1. wah, saya juga suka serial ini.... musik remixan taku takashi yang jadi penanda tiap menjelang akhir episodnya juga asik...

    ReplyDelete