Sunday, 21 July 2013

Selamat Tinggal, Sophomore

Sepertinya hampir 2 minggu yang lalu aku menyelesaikan urusan akademis, Ujian Akhir Semester. Aku tidak ingin banyak berharap di semester 4, semenjak tugas kuliah dan tanggung jawab non-akademis juga semakin bertambah. Tapi, aku tidak langsung menyerah dan ogah-ogahan, walapun terkadang, aku malas untuk masuk kelas.
Di semester 4 ini lah aku memberanikan diri memilih satu kelas bebas dimana aku menjadi satu-satunya mahasiswa 2011 jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan: kelas Dasar Public Relations. Tidak hanya itu, aku pun juga mengalami insiden salah mengambil mata kuliah akibat salah membaca jadwal dari akademik. Alhasil, lagi-lagi aku menjadi satu-satunya angkatan 2011 di kelas yang didominasi angkatan 2010.
Dua kelas tersebut belum apa-apa. Ada mata kuliah wajib dimana dosennya diisukan sebagai orang yang perfeksionis, sekaligus cerdas. Tidak mudah mendapatkan nilai A katanya. Jadilah, ada 3 mata kuliah yang nampaknya akan sulit didaki.
Santer isu beredar tentang dosen dari kelas-kelas tersebut, terpanas-panasi jugalah hati ini. Aku tidak ingin begitu saja menyerah dengan isu, “Ibu R ini sulit loh kasih nilainya, Biasanya mahasiswanya sekedar lolos alias cuman dapa C." Dari situlah, motivasi pun datang. Aku ingin membuktikan bahwa aku tidak sekedar lolos, melainkan lulus dan ilmu dari kelas beliau benar-benar aku pahami. 
Sedangkan di 2 kelas mata kuliah lainnya, aku merasa bersyukur karena sebelumnya aku sudah mepersiapkan diri seperti membaca buku hingga bertanya kepada teman (setelah berkenalan dengan mereka tentunya). 
Allah tidak pernah ingkar janji. Allah selalu memberikan ganjaran yang sesuai dengan apa yang telah diusahakan oleh hambanya. Aku lega, karena mata kuliah yang disebut-sebut sulit ini bisa aku lalui. Tidak mudah memang, tugas kuliahnya saja bikin perut mulas, sebelum ujian, aku bisa-bisa tidak tidur hanya demi mendalami jurnal. Tapi itu semua terbayarkan. 
Aku menulis bukan ingin menyombongkan diri. Aku hanya ingin berbagi semangat agar kita tidak mudah percaya dengan sebuah isu yang bisa melemahkan motivasi kita untuk belajar. Terserah orang lain mau berkata apa, kita lebih baik berusaha lebih banyak dari orang kebanyakan. Tidak akan muncul kerugian dari apa yang disebut dengan belajar dan kerja keras :)

No comments:

Post a Comment