Friday, 12 April 2013

Konsekuensi

Setiap keputusan yang kita ambil, pasti memiliki konsekuensi. Sekecil apapun itu. 

Hanya ingin kuliah saja tanpa ikut organisasi? Ada konsekuensinya, walaupun tampaknya hanya akan direpotkan dengan tugas akademis saja.

Merasa bahwa kuliah saja tidak ada tantangan, kemudian menjajal kepengerususan di organisasi? Sama. Ada konsekuensi, dan risiko, dan tanggung jawab di dalamnya.

Kuliah tidak sesuai dengan minat, maka beralihlah untuk menjadi organisatoris sepenuhnya, atau bahkan memilih bekerja? Tetap punya konsekuensinya.

Setiap manusia memiliki prioritas hidupnya masing-masing. Boleh jadi, kita mengagungkan kualitas hidup kita berdasarkan prestasi yang kita miliki. Namun, bukan berarti kita bisa menyombongkan diri. Ingat, semua hal di dunia ini punya konsekuensinya. Tiap orang yang mengambil keputusan, pasti tahu apa yang akan terjadi berikutnya, entah waktu bermainnya kurang, entah akan mati bosan. 

Karena kita tahu konsekuensinya, janganlah coba-coba mempermainkan tanggung jawab, karena ia berkerabat dekat dengan kepercayaan seseorang terhadap kita. Pikirkanlah matang-matang sebelum memutuskan. Dan percayalah, jika kita merelakan satu hal lepas, Allah akan menggantinya dengan yang lebih pantas :)

No comments:

Post a Comment