Tuesday, 19 February 2013

Get Smart, Get Network



Kalimat singkat itu terdapat pada serial televisi Sherlock, tepatnya diucapkan oleh Irene Adler. Aku setuju dengan perempuan pintar itu, bahwa menjadi pintar ataupun cerdas jauh lebih menyenangkan daripada hanya bermodalkan penampilan fisik.

Sering sekali aku singgung dalam akun twitterku tentang law of attraction. Hal ini juga berlaku pada pergaulan kita sehari-hari. Kalau kita ingin mendapatkan teman yang aktif di bidang sosial, berarti kita harus aktif juga di bidang yang sama. Apabila kita tidak bisa membedakan berbicara dengan siapa alias tidak sopan, kita juga akan mendapatkan lingkungan yang seperti itu.

Nah, tentu saja, teman-teman pembaca ingin mendapatkan teman dari lingkungan yang positif, kalau bisa orang tersebut cerdas. Apa yang harus dilakukan? Mulailah menata kepribadian menjadi lebih menyenangkan dan jangan malas untuk membaca. Membaca apa? Apapun yang menarik minat kita. Dengan begitu, kita akan berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama.

Perlu diketahui, menjadi seseorang yang banyak teman itu juga mengasyikkan. Dikenal karena reputasi baik (tentu saja) karena bisa diajak ngobrol berbagai hal. Modalnya? Ya balik lagi: senang membaca.

Kalau aku boleh sombong, 3 hari belakangan ini selalu bepergian dengan teman laki-laki yang berbeda. Yang satu berlatar belakang teknik mesin, kami berkenalan saat seleksi pertukaran pelajar. Selanjutnya adalah seorang mahasiswa informatika yang sama-sama memiliki minat dengan kebudayaan Jepang. Dan yang terakhir, lebih muda dariku tetapi sudah biasa memenangkan lomba di bidang elektronik sampai tingkat internasional. Mengapa mereka mau mengajakku? Pemikiran pertamaku sih, karena aku easy going. Apakah orang tua ku tidak takut aku salah pergaulan? Alhamdulillah orang tua ku menaruh kepercayaan yang cukup tinggi kepadaku, dan aku tidak mau menyalah gunakan kepercayaan itu. Lagipula, aku juga yakin dengan law of attraction, karena aku ingin mendapatkan teman dari latar belakang (baik sosial maupun pendidikan) yang positif, maka terlebih dahulu aku harus menjadi orang yang baik. Sisanya? Perbanyak membaca, sehingga mereka merasa nyaman berbincang masalah apapun dengan kita.

Mungkin membaca adalah salah satu modal untuk memulai mencari jejaring sosial di dunia nyata. 

People with friends attract people.
Gayle Laakmann McDowell, The Google Resume

Apabila ingin memperluas jaringan pertemanan, maka bertemanlah. Jadilah penghubung yang pintar dan easy going :)


No comments:

Post a Comment