Friday, 1 February 2013

2013

credit: Lulu Farasmitha

Walaupun Januari sudah lewat, tetapi bukankah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali? Tahun ini, aku punya tiga resolusi. Penentuan resolusi ini merupakan hasil evaluasi diriku terhadap tindakanku pada 2012 lalu. Nah, seperti yang tercantum pada gambar tersebut, ini dia:

Less Expecting
Aku sudah pernah membahas tentang perilaku ini (baca kembali). Aku tidak mau mengulangi rasa kecewa dengan berharap lebih. Bukankah lebih menyenangkan apabila semua menjadi kejutan? Menata hati menjadi yang seperti ini memang tidak mudah. Lagipula, dengan mengendalikan rasa berharapku, aku jadi lebih mensyukuri apa yang telah diberikan kepadaku. Jadi santai dipikiran :)

Less Judging
Menilai orang lain memang hak kita. Tetapi, alangkah baiknya apabila kita menilai hanya dalam hati saja, alias hanya kita dan Tuhan yang tahu. Semua orang ingin dinilai sebagai orang baik. Termasuk diri kita sendiri. Coba saja bayangkan,tiba-tiba ada yang membicarakan pribadi kita di sebuah media sosial. Kita geram kan? Pemikiran seperti itu yang coba aku terapkan. Intinya, jangan mencubit jika tidak ingin dicubit. Lagipula, kita hanya tahu seklumit tentang orang lain kan? Menilai orang lain lantas tidak membuat kita menjadi lebih baik dari dia kan?

Stay Focus
Apabila dua poin tersebut sudah dijalankan, aku berharap agar bisa tetap fokus dengan apa yang sedang aku kerjakan. Lebih baik fokus daripada ngglambyar tetapi tidak melakukan apapun. Mengerjakan dengan tekun dan sungguh-sungguh apa yang ada dihadapanku, dengan begitu pikiranku akan less expecting dan less judging.

Aku ingin memulai sesuatu dari yang sederhana. Bukankah, hal besar dimulai dari yang kecil? Bukankah masa depan adalah akumulasi keputusan yang kita ambil sekarang? :)


1 comment: