Wednesday, 16 January 2013

Less Expect

Expecting atau menduga sudah jelas sering kita lakukan. Ketika membuat tugas dengan sepenuh hati dan totalitas, pasti ada dari kita yang sudah mempunyai dugaan akan mendapatkan nilai bagus. Sebenarnya, expect juga bisa berarti berharap yang kemungkinan terwujudnya lebih besar karena didukung oleh fakta-fakta di lapangan. Expecting bisa membuat seseorang menjadi lebih produktif, tapi juga mampu menjatuhkan. Pisau bermata dua.

Aku sempat berujar di akun twitterku, less expecting makes you grateful --sedikit berharap dan menduga akan membuat dirimu makin bersyukur. Mengapa? Karena seakan-akan apa yang terjadi pada detik berikutnya adalah sebuah kejutan. Walaupun kejutan tidak selamanya menyenangkan, namun kamu tidak berusaha menduganya kan? Maka kamu akan bersyukur karena tidak menduga apa yang terjadi.

Less expecting juga membawa ketenangan batin. Kita akan berusaha benar-benar fokus terhadap apa yang sedang kita hadapi kini. Tanpa sadar, kita malah berpikir rasional sehingga memikirkan esensi dari apa yang telah kita alami. Atau bisa dikatakan, menjadikan kita beripikir dari segi filsafat. Kita akan paham secara perlahan bahwa apa yang terjadi sekarang adalah akumulasi dari apa yang telah kita lakukan dulu.

Less expecting membuat hidup semakin nyaman. Terhindar dari stress dan minim kekecewaan :)

No comments:

Post a Comment