Saturday, 19 January 2013

Jual Mobil

"Nanti kalau ayah sudah pensiun, ayah jual aja mobilnya."

Seketika itu aku kaget, tercengang dan spontan menjawab ,"He? Serius?" Rupanya ayahku tidak bermain-main.

Setelah aku pikir-pikir, langkah ayah untuk menjual mobil benar juga. Belakangan aku jadi mendukung inisiatif ayah. Aku akan menjelaskan mengapa aku memutuskan setuju dengan ide beliau.

Bumi sudah semakin panas. Kalau teman-teman tahu, Indonesia berkontribusi besar terhadap polusi udara. Selain karena banyaknya penduduk yang memiliki kendaraan pribadi, hutan di Indonesia juga sudah digunduli (sangat sedih jika tahu bahwa orang utan menjadi korbannya :( ). Nah karena sebagian penduduk di Indonesia punya minimal sebuah kendaraan pribadi, apalagi aku tinggal di Surabaya, sudah pasti volume kendaraan di jalan raya semakin hari semakin bertambah.  Siapa sih yang suka dengan kemacetan? Kalau macet, mobilitas manusia juga jadi terhambat kan? Bisa-bisa waktu kerja (produktif) manusia banyak terbuang di jalan raya karena kepadatan yang semakin menjadi-jadi. Intinya sih, aku nggak mengharapkan Surabaya jadi sepadat Jakarta ><

Selain itu, kemungkinan besar  harga BBM akan terus dinaikkan. Aku setuju. Energi yang tidak bisa diperbarui seperti itu memang semestinya dihemat. Walaupun kita akan merasakan kerugiannya seperti harga sembako yang akan semakin mencekik. Tetapi, daripada 10 atau 15 tahun lagi manusia mengalami krisis energi, lebih baik ditabung untuk masa depan anak cucu kita kan?

Kembali lagi pada pernyataan ayah untuk menjual mobil, aku setuju jika dengan menjual mobil berarti aku berkontribusi dalam pengurangan volume kendaraan di Surabaya. Apalagi ayah malah ingin sekali kembali berkeliling kota dengan sepeda dan transportasi massal seperti ketika beliau masih muda dahulu. Aku membayangkannya saja sudah senang :3

Kalau banyak yang berpikiran sama dengan ayah, bukanlah hal yang mustahil kalau kemacetan di Surabaya bisa berkurang, udara di kota pahlawan bisa semakin bersih, kebisingan juga bisa ditekan, jadilah manusianya bisa hidup lebih tenang & akan bekerja lebih produktif :)

Ah! :)

No comments:

Post a Comment