Sunday, 20 January 2013

BBC One's Sherlock (TV-Series)

Creators: Mark Gatiss & Steven Moffat
Directors: Toby Haynes, Euros Lyn, Paul McGuigan
Stars: Benedict Cumberbatch (Sherlock Holmes), Martin Freeman (dr. John Watson), Una Stubbs (Mrs. Hudson), Rupert Graves (DI Lestarde), Andrew Scott (Jim Moriarty)
Airing since 25 July 2010
Episodes: 6
Series: 2

source


Sebuah sajian seri televisi yang sangat cerdas! Yap, aku berhasil jatuh cinta dengan sosok Sherlock dan Watson yang baru ini. Walaupun judulnya "Sherlock" tetapi dalam alur ceritanya ada yang diubah dan disesuaikan dengan kondisi saat ini. Packaging yang sangat modern membuat serial ini melambung, dan langsung punya banyak fans loyal. Tidak seperti kebanyakan film Sherlock Holmes yang selalu bersettingkan Inggris zaman dahulu.

Diawali dengan episode pertama, Study in Pink (bagi para penggemar novel Sherlock Holmes pasti langsung bisa menebak bahwa episode ini diambil dari kasus A Study in Scarlet), menceritakan bagaimana John Watson akhirnya bisa bertemu dengan Sherlock Holmes. Total baru ada 6 episode dari 2 musim. Sedikit? Tidak juga. Karena setiap episode-nya berdurasi kurang lebih 90 menit!

Walaupun sinematografinya kebanyakan menggunakan suasana gelap, remang-remang (memperdalam kesan misterius mungkin ya) tetapi tetap saja, cara para director-nya membawakan cerita detektif ini sungguh apik. Para tokoh semua menggunakan gadget seperti notebook, handphone, gps. Bahkan ada episode dimana Sherlock Holmes menggunakan fasilitas video call untuk melakukan penyelidikan. Tetapi, walaupun cerita disesuaikan dengan abad 21, intinya tidak melenceng dari cerita milik Sir Arthur Conan Doyle.

Untuk yang tidak terbiasa menonton serial dari Inggris, aku sarankan untuk menonton dua kali dalam setiap episode. Benedict Cumberbatch alias Tuan Holmes berbicara dengan tempo yang cepat, khas orang Inggris. Meskipun ada subtitle yang bisa membantu, tetap saja, rasanya masih susah mengerti (itu sih kalau aku :p). Menyenangkannya lagi, kita jadi bisa tahu beberapa kata slank yang hanya digunakan di Inggris. Oh, aku suka mengamati aksen orang Inggris juga sih hihi.

Aku rasa untuk keseluruhan cerita, teman-teman bisa main-main ke wikipedia, IMDB, atau bahkan situs fan BBC One Sherlock yakni Sherlockology. Percayalah, sekali kamu melihat serial ini, seterusnya kamu akan terpikat! :D

No comments:

Post a Comment