Tuesday, 27 November 2012

Cloudy with A Chance for Reading


Surabaya belakangan ini sudah mulai mendung. Entah karena sudah melewati lebaran haji sehingga sudah tidak ada lagi yang melangsungkan pernikahan atau ya karena memang sudah waktunya. Well, I'm not going to talk about kenapa hujan di Surabaya paling telat datangnya dibandingkan dengan kota lain. I'm going to talk about what I love recently during the cloudy moment.

Biasanya, mendung akan mulai menyelimuti Surabaya setelah tengah hari. Sekitar pukul 2 siang hingga sore pukul 4. Bagi yang tinggal di kota ini, mendung pada jam-jam tersebut sudah pasti merupakan berkah tersendiri (karena Surabaya sangat amat panas di siang hari!). Termasuk aku.

Momen mendung seperti itulah yang entah bagaimana caranya membawa mood membacaku bangkit lagi. Apalagi jika saat itu diikuti dengan hujan layaknya April Shower! Karena peristiwa alam ini lah, tidak jarang aku mampu menghabiskan bacaanku dalam waktu hanya sehari (bahkan bisa hanya dalam kurun waktu 4 jam saja!).

Ahya, perlu teman-teman ketahui, aku memang agak malas untuk membaca. Biasanya, ditengah-tengah buku, aku akan merasa bosan dan memuruskan untuk berhenti sejenak, kemudian lupa dan tidak menyentuh buku tersebut dalam waktu yang lama. Kini, lain cerita. Seperti semesta sudah sepakat membangunkan mood membacaku yang sempat hilang entah kemana.

Bulan November ini, semenjak hujan sudah menyambangi kota Pahlawan, aku tidak jarang menunda kepulanganku ke rumah sehabis kelas. Aku menyempatkan diri ke tempat yang juga membuat suasana membaca menjadi lebih menyenangkan, seperti toko buku Petra Togamas. Tidak, aku tidak membeli apa-apa. Hanya meminjam bench yang terletak dekat cafe-nya untuk duduk dan menyelesaikan bacaanku. Aku tidak sendiri, ditemani music player yang selalu aku bawa (selama baterainya terisi penuh sih :p). Atau, aku terkadang membaca di bench Ranch Market, Galaxy Mall. Tidak ada yang melarang bukan?

Ada yang mau bergabung mungkin? Hanya duduk dan membaca buku, bukan menghabiskan waktu, tetapi memanjakan pikiran :)

Sekali lagi, semesta berkerja sama membuat aku mensyukuri setiap momen yang aku alami kini :)

1 comment: