Wednesday, 29 August 2012

Jomblo Bukan Kiamat, Bro!

Miris sekali rasanya melihat fenomena kemunculan akun twitter yang mengatas namakan "Jomblo". Jomblo bukan sosok individu kok, hanya sebuah kata sandang bagi mereka yang belum punya pasangan. Rasanya sebal melihat kok seakan menjadi seorang jomblo tidak punya harapan hidup. Padahal, dengan status jomblo, teman-teman juga memiliki peluang yang sama untuk berprestasi.

Usia-usia remaja begini gengsi kali ya kalau tidak punya teman jalan-jalan yang tetap alias pacar, tetapi bukan berarti tidak punya pacar menghentikan langkah maju kan? Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan menjadi jomblo sekalipun. Don't be so hopeless lah!

1. Feed your brain. Zaman sekarang, orang Indonesia langsung buka twitter begitu bangun tidur. Nah, kurangi follow akun yang bikin galau dan mulai ikuti akun yang informatif seperti akun berita atau akun dari sebuah sumber informasi lainnya. Ada koran kan? Kalau nggak sempat beli, di perpustakaan pasti ada koran kok. Okelah, update banget tentang gebetan tapi nggak ngerti apa-apa tentang berita terkini? Malu tuh.

2. Do some project(s). Nggak harus yang langsung besar seperti bikin konfrensi, coba deh lakukan sesuatu yang kamu suka. Musik? Coba nyanyikan ulang lagu-lagu hits dan ungah ke youtube. Nggak berhenti disitu aja, publikasikan melalui media sosial yang kamu punya. Suka fotografi? Kenapa nggak nyoba untuk ngambil random pictures dan share it on instagram. Siapa tahu ada yang suka dengan karya kamu.

3. Ikut organisasi. Hitung-hitung melatih kemampuan memimpin kamu. Disamping itu, kamu bakalan terbiasa untuk berbicara di depan orang banyak, koneksi-mu bertambah, dan cara berpikirmu semakin terbuka. Tentunya hal ini bakal membuat kamu jadi lebih enak diajak diskusi atau sekedar ngobrol biasa. 

4. Do random activity. Sesuatu yang dilakukan secara spontan kadang bisa membuat kamu menikmati hidup lo. Contohnya nih, parkir motor di salah satu sudut jalan dan memutuskan berjalan kaki untuk ke ujung jalan yang lain. Kamu tidak menduga apa yang nanti terjadi di depanmu. Menemukan kedai kopi baru, mungkin?

Sebenarnya ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengasah kepribadian dan kemampuan. Jadi jomblo berarti kamu diberi waktu lebih untuk mempersiapkan diri kamu sendiri. In relationship nggak segampang yang ada di novel loh. Kamu berhadapan dengan anak manusia yang juga memiliki pribadi. Kalau kamu sudah punya bekal yang matang, begitu pula dengan kepercayaan diri kamu. 

Jangan buang waktu kamu untuk galau. Lakukan banyak hal selagi belum ada yang selalu menuntut untuk ditelpon :p

3 comments:

  1. Suka banget sama artikel yg satu ini. Bener banget, jomblo itu hak, bukan nasib. Mumpung masih jomblo, gunakan waktumu untuk hal2 yg bermanfaat, jangan ngikutin twit2 galau melulu >_<

    ReplyDelete