Friday, 17 August 2012

HUT RI 67

Tujuh belas Agustus tahun empat lima
itulah hari kemerdekaan kita
hari merdeka, nusa dan bangsa
hari lahirnya bangsa Indonesia
MERDEKA!

Siapa yang masih ingat dengan lagu nasional tersebut? Walaupun sudah tidak lagi mengikuti upacara bendera, tetapi aku masih hafal dengan lagu itu. Bahkan, di komplek perumahan tempat aku tinggal, lagu-lagu nasional ikut meraimakan tanggal 17 Agustus.
Tahun ini, bersamaan dengan bulan suci Ramadhan. Persis seperi 67 tahun yang lalu. Walaupun aku kini hidup pasca kemerdekaan, bukan berarti aku tidak mau tahu apa-apa tentang Indonesia.

Seiring dengan perayaan hari ulang tahun Indonesia, linimasa akun microblogging ku kjuga ikut ramai dengan ucapan selamat maupun harapan-harapan tentang Indonesia yang lebih baik. Yah, aku tidak perlu menyebutkan satu persatu apa itu, karena aku yakin kalian pun juga tahu. Sama halnya dengan mereka, aku juga punya beberapa harapan. 

Bangsa Indonesia tentu bukan hanya mereka yang berada pada lembaga eksekutif, yudikatif, maupun legislatif. Kita pun, juga merupakan bagian dari bangsa Indonesia. Tanpa kehadiran rakyat, apa gunanya sebuah negara berdiri, kan?

Kita yang banyak merapal doa dan meletakkan harapan sebenarnya juga untuk kita sendiri. Kalau hanya berbicara tapi tidak mau berubah, sama saja hanya memberi harapan kosong terhadap negara ini. Negara sudah memberikan fasilitas yang memadai. Kalau kita merasa kurang, coba deh berinisiatif dengan fasilitas yang sudah ada. Bukannya malah demo dan menghancurkan fasilitas umum. Ingat ya, fasilitas umum dibangun juga dari uang kita. Kalau kita merusak sama saja kita membuang uang kan?

Aku nggak perlu banyak nulis juga disini. Beberapa post di blog ini juga sudah sering membahas tentang harapan dan bentuk optimisme terhadap Indonesia. Yuk, mari kita langkahkann kaki bersama menuju Indonesia yang satu. Hidup di Indonesia itu harus mau hidup dengan penuh perbedaan. Bukan meleburkannya menjadi satu, melainkan menerimanya dengan mencari persamaan didalamnya. Masih ingat dengan semboyan negara kita kan? Bhinneka Tunggal Ika. Berbeda-beda namun tetap satu. Unity in diversity.

No comments:

Post a Comment