Sunday, 17 June 2012

University Roadshow XL Future Leaders: Unversitas Airlangga

Acara baru dimulai sekitar pukul 2 siang. Namun, sejumlah peserta talkshow sudah mulai berdatangan dan melakukan registrasi ulang pada pukul setengah satu. Hari itu Jumat, 15 Juni 2012, bertempat di Aula FISIP Universitas Airlangga. Tersedia 350 kursi yang disediakan oleh PT XL Axiata selaku penyelenggara acara talkshow ini.

Acara dibuka oleh Soleh Solihun. Tentu saja, banyak peserta yang tidak menyangka bahwa Soleh Solihun yang "bertugas" selaku moderator. Aku sendiri pun takjub dan agak heboh juga waktu mengetahui hal ini. Dimulai dengan pak Hasnul Suhaimi, CEO PT XL Axiata, bercerita mengenai sepak terjang karirnya hingga akhirnya berada di jajaran atas. Disusul oleh mas Iwan Setiawan, penulis buku best seller 9 Summers 10 Autumns, yang bertutur mengenai latar belakang kehidupannya semasa di Batu, Malang. Jujur pada bagian ini, aku menahan nangis terharu. Bagaimana tidak? Terlihat sekali kalau mas Iwan begitu cinta dengan kedua orang tuanya, apalagi kepada ibunda. Dan terakhir, Wakil Rektor I Universitas Airlangga, A. Syahrani yang lebih memfokuskan pembicaraan terhadap pentingnya soft skill dalam kehidupan bermasyarakat.

Talkshow berjalan lumayan seru. Sayangnya, kebanyakan dari peserta hanya menanyakan teknis program XL Future Leaders yang hanya diberikan kepada 120 mahasiswa terbaik di seluruh Indonesia. Padahal ekspektasiku, para narasumber bisa memotivasi dan memberi dorongan kepada peserta siang hari itu untuk menjadi Future Leaders.

"Mumpung masih muda, banting diri kamu ke arah yang positif. Nanti buahnya akan lebih manis."
Itulah kata yang menggerakkan aku untuk tetap maju.

"Mumpung masih muda, coba semua hal sampai kamu merasa 'this is not my world'. Coba hal baru yang belum pernah kamu coba."

Terharu rasanya. Karena apa yang dikatakan mas Iwan sebenarnya sudah pernah aku alami. Maksudku, aku pernah mengalami dimana aku merasa apa yang aku kerjakan ternyata bukan duniaku dan aku memutuskan mundur.

Ya, aku penggemar dari mas Iwan Setiawan. Aku suka dengan tulisannya yang banyak bercerita mengenai cinta keluarga. Tulisannya sukses membuatku menangis terharu. Oleh karena itu, aku sangat fokus saat mas Iwan yang berbicara.

Pak Hasnul juga menekankan bahwa kekuatan networking juga mempengaruhi kesuksesan selain hard skill. Karena jika tidak ada relasi, bagaimana bisa saling bertukar pikiran ataupun saling membantu ataupun saling memberi informasi? Kemampuan komunikasi memang penting, tapi ada pula yang sama pentingnya, yakni kemampuan menjadi presenter. Bagaimana bisa mengemukakan pendapat apabila tidak memiliki kemampuan komunikasi dan kemampuan presentasi yang baik?

XL Future Leaders memang disediakan untuk pemuda yang dirasa mampu menjadi pemimpin Indonesia di masa depan yang berani menghadapi tantangan global.

Acara ditutup dengan bagi-bagi door prize yang tak kalah serunya. Hampir seluruh peserta berebut mendapatkan hadiah berupa modem dari XL dan sebuah hard disk external *andaikan aku bisa jadi peserta TT* Alhamdulillah, acara lancar dan selesai tepat waktu.

Setelah peserta banyak yang kembali pulang, aku pun menggebu-gebu ingin  sekali berfoto bersama mas Iwan *oke aku norak*. Aku bujuk mas Fuji, koordinator tim, untuk mengajak mas Iwan berfoto.

Berfoto sukses tapi sayangnya masih ada di kamera milik Nuriy, tim dari StudentsxCEOs. Masih saja ingin mendapatkan tanda tangan dari mas Iwan. YEY! Dapat juga tanda tangan penulis langsung di bukunya. Aku masih saja sempat curhat kepada mas Iwan bahwa buku tersebut adalah kado dari mas pacar. Sontak, mas Iwan langsung nyeletuk, "how sweet".

"Saya itu kalau menulis seperti berlayar. Perahu diciptakan tidak hanya untuk mengarungi lautan, tapi juga menghadapi ombak dan badai. Be strong."



Ya, saya akan bertambah kuat. Saya akan membanting diri saya.
Terima kasih tim StudentsxCEOs yang mempercayakan saya untuk menjadi local team kalian. Tanpa kalian, mana bisa aku bertemu dengan salah satu role model-ku ;)

No comments:

Post a Comment