Friday, 4 May 2012

#LarukuJKT: Reach.

Alhamdulillah, aku sudah berada di depan laptop, di rumah tercinta. Kembali ke Surabaya dalam keadaan utuh, tidak ada kekurangan, kecuali hati yang sudah diambil empat om-om gaul pada 2 Mei malam lalu #eh. Like I've promised to you guys I'll share the story how I catch my dream, chasing the Rainbow.

H-1 Keberangkatan
Tepatnya hari Minggu, 29 April 2012. Teman-teman dari ~Cielers Jatim berinisiatif untuk membahas teknis keberangkatan plus penukaran tiket yang akan segera dilakukan setibanya di Jakarta. Awalnya kami bingung, karena tidak semua personel rombongan berangkat bersama, termasuk aku. Well, karena aku menggunakan kereta bisnis, otomatis aku tiba disana lebih cepat. Aku pun diberikan amanah untuk menukar voucher teman-teman yang membeli secara online melalui RajaKarcis. Tidak sampai disitu saja kepercayaan yang diberikan kepadaku, teman-teman juga memintaku untuk check-in duluan di hotel, jadilah aku membawa voucher tiket konser dan voucher hotel. Berhubung koordinator rombongan tidak bisa ikut serta menggunakan kereta api, jadilah pembagian job description kepada beberapa orang yang hadir pada saat itu, dan itu juga termasuk aku.

Jujur, aku merasa takut untuk pergi kesana sendiri apalagi harus menukar tiket ke tempat yang belum pernah aku jamah. Sendirian, dengan angkutan umum. Bagaimana pun juga, persiapan yang matang tentu mengurangi ketakutanku. Jadilah aku menggunakan google untuk bertanya ini itu. Fyi, salah satu bekalku adalah peta transjakarta dan KRL Jabodetabek,  plus print out petunjuk arah menuju RajaKarcis! Konvensional? Soalnya, kalau memanfaatkan si beri hitam, aku takut nanti bakal dijambret sih hihi

peta transjakarta, KRL, dan tiket kereta api

30 April 2012 - 1 Mei 2012
Kereta Gumarang berangkat dari Stasiun Pasar Turi pukul 17.10 WIB. Di luar dugaan, kereta malah tiba di Stasiun Jakarta Kota 10 menit lebih cepat dari yang diperkirakan. Ahya, aku memilih untuk ke Manggarai (kantor RajaKarcis) menggunakan KRL. Alasannya? Sebenarnya sih mengikuti saran ayah. Kata beliau lebih mudah karena aku tidak perlu menuju halte busway dan transfer antar koridor. Aku akhirnya membeli tiket commuter line jurusan Kota - Depok seharga Rp. 6.000,00 dan berangkat pukul 06.02 WIB. Kereta yang aku tumpangi masih sepi. Di gerbongku saja hanya ada beberapa orang dengan pakaian kerja mereka.

Aku tidak melihat jam tangan saat aku turun di Stasiun Manggarai.Yang pasti, masih pagi dan aku yakin kantor RajaKarcis belum buka. Duduklah aku di salah satu kursi tunggu dan memutuskan untuk sarapan. Sekitar pukul 07.30 WIB aku beranjak dan keluar dari stasiun. Berdasarkan petunjuk jalan dari google map, tiba juga di tempat yang ternyata sangat dekat (untuk ukuranku).

Apa yang aku kira bakal sepi ternyata malah ramai. Belum pukul 8 pagi aku mendapat nomor antrean 157 - 162 (karena aku juga menukarkan voucher milik teman-teman). Menunggu sebenarnya juga tidak terasa lama buatku. Diselingi menelpon ibu hingga berkenalan dengan calon penonton. Ada yang asli dari Jakarta, ada yang dari Bekasi, bahkan ada yang dari Lampung. Mereka semua sama antusiasnya denganku :D

Masalah tiket beres, selanjutnya aku harus segera tiba di hotel dan mengurus kamar untuk teman-teman. Atas saran salah seorang calon penonton yang aku ajak obrol, dia menyarankanku untuk menggunakan Kopaja daripada busway. Dari RajaKarcis ke terminal Manggarai sesungguhnya...hanya tinggal menyebrang! Aku menumpang Kopaja nomor 66 jurusan Blok M atas saran dari petugas dishub.

Untunglah, selama perjalanan tidak terhalang oleh macet. Saat itu, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang pastinya akan ada demo dimana-mana. Namun, sepanjang jalan, yang aku lihat masih berupa gerombolan buruh yang belum turun ke jalanan. Alhamdulillah, kopaja berhenti sejenak karena menaik-turunkan penumpang dan karena rambu lalu lintas.

Tiba di hotel yang terletak di jalan Gatot Subroto pukul 10. Dan ternyata sudah diperbolehkan check in! Segeralah aku membereskan barang-barang dan membersihkan diri sembari menunggu yang lain tiba...dan tertidur selama beberapa menit....:p