Friday, 23 March 2012

Kelas Terakhir di Hari Rabu

Ya, Rabu. Sama seperti dua hari sebelumnya, aku juga punya kelas yang padat. Dari jam pertama hingga jam keempat. Tapi Rabu ini beda. Rabu ini tampak semarak dan tak terduga. Bergulirnya waktu jadi tidak terasa.

Setelah dua jam kuliah yang berturur-turut, kami masih punya waktu sebelum mengikuti kelas di jam keempat. Seperti biasanya, kebanyakan dari kami memanfaatkan untuk mengerjakan tugas yang harus dikumpulkan nanti. Sebuah essai mengenai evolusi untuk mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Aku sendiri berada di tengah-tengah mereka yang masih mengerjakan tugas-tugas itu, aku sibuk menyelesaikan tugas statistika ku.

Hampir pukul empat sore, bergegaslah kami menuju kelas. Tak lama kemudian, bapak dosen pun datang. Tampaknya tadi terburu-buru. Terlihat dari nafasnya yang tersengal-sengal dan jaket motor yang masih dikenakan saat memasuki kelas. Beliau langsung memerintahkan kami sekelas untuk berkumpul sesuai kelompok yang telah dibagi pada minggu sebelumnya. Kami membentuk sebuah lingkaran besar di dalam kelas dengan jarak beberapa senti sebagai pemisah kelompok. Bapak dosen masih menyiapkan matrerinya dan kamu pun menunggu dengan kagaduhan.

Dan ternyata, kelas hari itu dijadikan sebuah forum diskusi besar! YA! Besar! Karena semua dari kami, setiap individu, diperkenankan untuk berpendapat. Berpendapat, bukan berdebat. Digilirlah siapa saja yang mau berbicara, tentu pak dosen sebagai moderator dari forum tersebut. Tanpa disangka-sangka,  antusiasme kelas juga sangat besar. Kami menunjukkannya dengan tertib dalam mengajukan pendapat. Tidak ada potong-memotong pembicaraan, tidak ada saling menghina atau menyudutkan, tidak ada perdebatan. Semua peserta diskusi berpendapat. Tidak ada yang benar, tidak ada yang salah. Dan lebih kerennya lagi, teman-teman tidak menyampaikan komentar dengan emosi. Mereka semua tenang dan menyenangkan.

Ya, sore itu kelas riuh oleh beragam opini dan ide-ide yang menarik. Pak dosen tampak senang dengan aktifnya kami, hingga beliau bingung memberikan kesempatan bicara pada mahasiswanya. Tak terasa, kelas harus berakhir dan kami pun meminta agar pada materi selanjutnya, diadakan kelas diskusi seperti yang telah kami jalani tadi.

Menyenangkan! :---D

No comments:

Post a Comment