Saturday, 10 March 2012

HELLOFEST 8: ANIMA EXPO

Well, bisa dibilang aku telat banget ya ngabarin soal salah satu acara pop culture terbesar di Indonesia ini. Hihi, maklumlah, tenggelam dengan kesibukan kuliah :" Daripada kebanyakan curcol, mari simak laporan singkat saya :)

4 Februari 2012 bertempat di Balai Kartini, Jakarta. Tepat pukul 10.00 WIB acara dibuka. Dan beruntungnya aku beserta sepupu karena tiba di tempat setengah sebelum acara dimulai. Gate sudah dibuka, kami juga sudah dipersilahkan masuk. Bedanya, belum terlalu ramai pengunjung dan pengisi booth pada pasar seni juga masih bersiap-siap. Lebih lucky-nya lagi nih, kami sempat melihat gladi resik salah satu girlband Indonesia, apalagi kalau bukan JKT48 :D




Sekitar pukul 10 lebih sekian, sudah mulai banyak cosplayer berdatangan. Ohya, tema acara tahun ini adalah soal animasi, oleh karena itu diberi nama ANIMA EXPO. Dan karena tema itulah aku bela-belain Jakarta-Surabaya. Untung saja masih dalam suasana libur kuliah :3 Cosplayer yang datang ada yang memang mengikuti kompetisi, namun tidak sedikit yang hanya berkunjung dan ikut unjuk gigi. Mereka datang baik tim maupun individu dari segala penjuru kota di Indonesia, termasuk Surabaya. Kostum yang mereka gunakan juga banyak macamnya. Ada yang memang mengadopsi anime, games asli dari Jepang, ada juga yang mengangkat tema lokal, Gatotkaca contohnya.

Gatotkaca beserta tokoh tradisional

THIS IS ULTRA MECCHA!

Semakin siang keadaan semakin ramai. Nah, lokasi dimana para cosplayer ini akan tampil berbeda dengan lokasi pasar seni atau tempat dimana JKT48 akan manggung. Cosplayer unjuk kebolehan di lantai dua, tapi apa daya, karena begitu ramainya pengunjung maupun peserta, panitia pun sampai harus mengakali laju eskalator dan lift. Bagusnya nih, peserta dan pengunjung tidak ada yang saling dorong alias anarkis. Semua tertib dan mematuhi arahan dari panitia.

Kami memilih untuk santap siang di venue. Tidak memungkinkan bagi kami untuk membeli makanan di luar, untuk keluar gedung saja butuh perjuangan melawan arus pengunjung. Kami memilih bento atau makanan khas negeri sakura. Satu paket berisi nasi putih, chiciken katsu, dan salad. Tentu kami memilih yang paling terjangkau mengingat kantong kami hanya sebatas kantong pelajar hihi. Selepas santap siang dengan nasi, kami pun tetap saja ingin jajan ini itu. Dan stand berikutnya yang menjadi pemberhentian kami adalah stand takoyaki! Masih belum cukup rupanya, kami mencicipi sosis bakar dengan saus yang lezat. Yah bisa anda pikirkan sendiri, untuk makan kami sudah habis berapa ribu rupiaj hihi. Selain makanan, di booth food & beverages tersedia juga beragam minuman Jepang. Contohnya saja, es serut yang biasanya dikonsumsi saat musim panas (maaf, nggak tau namanya). Es serut yang nantinya diberi sirup berwarna biru dan merah ternyata cukup menggiurkan juga ya. Sayang, kami harus menyimpan ongkos untuk kembali ke rumah.

Bagaimana dengan dagangan di pasar seni? Wow! Sungguh menarik. Andai saja aku membawa duit lebih, sudah pasti aku kalap membeli banyak barang yang unik, yang tidak bisa aku temukan di Surabaya. Ada yang menjual barang antik khas tahun 70an, beragam tas handmade, baju-baju khas orang Meksiko. Tentu saja yang paling banyak adalah dagangan yang berbau anime, manga, games hihi. Aku sempat galau ketika ingin membeli barang. Ya, aku bingung enaknya membeli winter hat atau monkey hat. Soal selisih harga tidak usah ditanya lagi, cukup membuat tercengang. Yah, tapi tentulah aku niat datang ke HELLOFEST pasti juga dengan persiapan dana pribadi. Setelah berputar, berkeliling sebanyak tiga kali, aku pun memutuskan untuk membeli winter hat dengan merka Hellomonster.

Hellomoster winter hat


Saking ramai dan penuhnya, kami pun memutuskan untuk kembali saja saat pukul 13.00. Kami tidak tahaan karena semua menjadi padat. Tidak enjoy juga kalau ingin melihat para cosplayer tampil kan? Tiga jam disana sudah membuat aku senang, walaupun aku tidak sempat berfoto dengan para cosplayer. Cukup bisa membuat aku gembira lagi. Bisa jadi sih kamu menyebutku sebagai event hunter hihi karena aku suka datang ke sebuah acara. Attending HELLOFEST was so much fun!

No comments:

Post a Comment