Thursday, 29 March 2012

Argueing is Fun

Semenjak menyandang status sebagai mahasiswa FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) aku jadi semakin bersemangat kuliah. Jujur, aku suka sekali berbicara. Apa saja. Dari ngobrol santai, diskusi santai, presentasi, hingga berpendapat secara formal di dalam sebuah forum. Alhamdulillah, lagi-lagi aku mendapat alasan mengapa Allah menempatkan aku disini.

Kuliah di FISIP aku menemukan banyak hal baru yang menyenangkan. Dosen-dosenku pun menghargai adanya perbedaan, salah satunya perbedaan pendapat antara mahasiswa - dosen yang kerap terjadi di tengah kelas.Beliau punya opini yang berbeda namun disertai alasan logis. Serunya lagi, kami tidak pernah berdebat, karena menurut beliau suatu perbedaan itu adalah hal yang wajar.

Sudah satu setengah semester aku menjalani perkuliahan. Selama itu pula aku mendapatkan ilmu dan kemampuan baru. Ya, aku merasa bahwa kemampuanku untuk berpendapat kian terasah. Tidak lagi asal berbicara, tetapi menyertakan referensi dan teori pendukung. Tidak lagi emosi dan menggebu-gebu, tetapi sudah bisa menyampaikan dengan tenang. Sudah tidak lagi berpendapat untuk memojokan orang lain, tetapi lebih memberi pengetahuan baru.

Ya, aku sungguh menikmati statusku kini. Bukan untuk gaya-gayaan dan gengsi. Tentu, untuk mendapat ilmu ilmu yang bermanfaat, salah satunya etika berpendapat :--)

No comments:

Post a Comment