Friday, 27 January 2012

It Will All Be Worth It

source
Beberapa hari sebelum UAS, minggu tenang tepatnya, aku seakan dihujani oleh tumpukan tugas. Paper. Ya, artikel dan jurnal ilmiah minta dibelai. Sempat aku mengelih saking banyaknya tugas yang harus diselesaikan. Stres, sudah sewajarnya. Sampai-sampai aku selalu menghindari tugas tersebut. Tapi kemudian aku berpikir kembali, tugas tidak akan bisa selesai jika aku sendiri tidak pernah mau mencoba untuk mengerjakan. Setidaknya hanya sekedar memulai.

Tugas-tugasku berkutat dalam membuat review atau ulasan yang kemudian dibubuhi pendapat personal mengenai topik yang diangkat dalam artikel dan jurnal ilmiah tersebut. Masih mudah jika semuanya tersaji dalam bahasa ibu kita, bahasa Indonesia. Masalahnya, semua referensi yang diberikan dosen tidak ada yang berbahasa Indonesia, melainkan bahasa Inggris. Susahnya lagi, bahasa Inggris yang digunakan adalah bahasa Inggris ilmiah yang bagaimanapun juga kamu harus membuka kamus konvensional untuk memahami apa isinya.

Aku kembali mengeluh lagi. Namun, lagi-lagi masih ada yang mengingatkanku bahwa semua tugas yang saat itu tangah aku selesaikan akan menjadi ilmu yang pastinya akan berguna. Tidak ada satupun yang sia-sia apabila kita memang mau belajar. Toh, karena berhadapan dengan jurnal ilmiah, aku jadi tahu beberapa kosakata baru yang mungkin tidak akan aku temui dalam kegiatan informal. Karena tugas lah aku mengerti beberapa topik yang tengah diperbincangkan, tentunya berkaitan dengan program studi yang tengah aku tekuni.

Aku kini yakin, apa-apa yang aku usahakan saat ini, yang menyita waktu bermainku, yang memaksa aku menyelesaikan berbagai tugas, pasti akan berharga dan berguna akhirnya. Sia-sia itu tidak ada jika aku memahami makna dari apa yang aku kerjakan kini. Memang, kadang aku bergumam, "buat apa sih kerjain kayak gini bla bla bla" dan masih banyak gumamam atas rasa jengkel. Tetapi kalau kita hanya mengeluh dan tidak mau melihat dari sudut pandang yang lain, maka kita tidak akan pernah belajar. Bukankah hidup itu adalah proses belajar yang sesungguhnya?

Maka dari itu, sebelum mengeluh panjang lebar, ingat kembali bahwa apa-apa yang kita usahakan kini pasti ada balasannya, tergantung bagaimana dan sebesar apa cara kita berusaha. It Will All be Worth It in the End.

1 comment: