Saturday, 1 October 2011

Kurangi Mengeluh

ini Sabtu pagi di Surabaya dimana biasanya sebagian orang masih berada di atas kasur nyaman mereka, masih terlelap karena sudah lima hari beraktifitas. Kalau yang beristirahat adalah sebagian besar, bagaimana dengan sisanya? Sama halnya seperti aku yang tengah mengetik postingan satu ini, ada banyak kegiatan yang menumpuk di akhir pekan. Mau tau?

Mendadak mendapat pesan singkat dari kakak senior bahwa akan ada seleksi wawancara untuk salah satu komunitas yang sangat ingin aku masuki. Tak cuman itu, dalam pesan tersebut peserta harus menulis essai dan harus dikumpulkan sewaktu interview.

Ada Pengenalan Unit Kegiatan Tari dan Karawitan Universitas Airlangga yang juga akan dihelat pagi ini pukul 10 nanti. Ya, aku mendaftarkan diriku mengikuti UKM yang satu ini. Aku sendiri cenderung cuek dengan perkataan orang lain kalau karawitan itu kuno. Tetapi, jika bukan aku dan teman-teman pemuda yang melestarikannya, siapa lagi?

Latihan rutin yosakoi oleh komunitas yang aku ikuti bertempat lumayan jauh dari rumah plus melewati kawasan macet. Eits, tapi itu bukan halangan kami, para anggota atau bisa disebut relawan untuk terus berlatih. Biasanya kami berlatih dari pukul 3 sore hingga magrib menjelang.

Sedangkan di hari Minggu, Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Airlangga juga punya acara, pelatihan LKTI untuk mahasiswa baru. Aku tanpa sengaja terseret menjadi panitia dan ujung-ujungnya berakhir menjadi penanggung jawab. Persis dengan apa yang aku pegang saat acara HUT Kompas MuDA setahun yang lalu.

Rentetan kegiatan yang berada di akhir pekan ternyata cukup banyak. Sempat aku merasa sedikit stress karena masih bingung membagi waktu dengan tugas. Tapi, berkat keyakinanku bahwa kalau ingin menjadi sukses harus mau keluar dari comfort zone membuat aku membangun mindset untuk tidak mengeluh. Capek, lelah, badan bisa tidur selama seharian. Tetapi pengalaman, hanya datang sekali seumur hidup. Selama masih diberi kekuatan dan nafas oleh Yang Maha Kuasa, mengapa tidak digunakan untuk berkegiatan, daripada hanya membuang waktu dengan aktivitas yang tidak bermanfaat.

Hari Selasa lalu, aku sempat panik, bingung, dan agak down karena tugas salah satu mata kuliahku dikembalikan dengan alasan kurang lengkap. Untungnya, ibu dosen masih mau memberi kesempatan kami (aku dan beberapa mahasiswa lainnya) untuk memperbaiki tugas tersebut. Di saat aku menyetir pulang, aku kembali teringat dengan cerita yang ada pada buku La Tahzan for Student, kisah inspiratif perjuangan mahasiswa yang bersekolah di Jepang. Lagi-lagi aku lupa bersyukur dan lupa juga bersemangat. Aku masih lengang, masih bisa nongkrong dan menghabiskan waktu dengan porsi yang masih banyak. Berbeda dengan para research student disana yang setiap hari harus melakukan penelitian, membaca jurnal, membuat artikel dan paper. Tak hanya sekali ditolak oleh dosen pembimbing, malah banyak yang hampir saja status beasiswanya dicabut. Namun, para pejuang tersebut tidak mau pulang ke Indonesia dengan tangan kosong. Berbekal kerja keras dan doa, akhirnya merka mampu lulus tepat waktu. Aku jadi kembali berpikir, jika Allah mengizinkan aku menimba ilmu di negeri yang jauh, bukankah aku akan merasakan hal seperti itu? Masih mending aku bersekolah di Indonesia, dimana aku mengerti bahasanya. Bagaimana dengan mereka yang harus membaca jurnal berbahasa asing? Lagi-lagi aku lupa bersyukur.

Kurangilah mengeluh karena terlalu banyaknya kegiatan kalian, karena akhir pekan kalian yang tersita dengan acara sekolah. kampus, ukm, ataupun komunitas. Nikmati setiap denyut hari-harimu. Bersyukur karena Allah masih memberi kesempatan kita berbuat yang memiliki manfaat. Jadikan itu juga sebagai motivasi untuk terus maju dan tidak menyerah. Bukankah berjalan tidak hanya melihat lurus ke depan, tetapi juga melihat ke atas dan ke bawah? ;--)

1 comment:

  1. bener pernyataan mu diatas .. kadang kita lupa bersyukur atas kesibukan yang kita peroleh hari ini karena belum tentu keesokan harinya kita menikmati kesibukan yang memberi kita pengalaman baru ini ..

    ayo semangat .. ^ ^

    ReplyDelete