Saturday, 9 July 2011

Hello 3rd Grade!

Ga kerasa ya sebentar lagi sudah mulai tahun ajaran baru. Selamat buat adek-adek yang naik kelas, plus yang sebentar lagi menyandang status kelas 3 SMA.

Kelas 3 SMA alias kelas XII merupakan ujung tombak, dimana kalian bakal bertempur untuk banyak hal: nilai ijazah, UN, dan SNMPTN. Pasti, tidak sedikit yang harus dikorbankan termasuk waktu bermain. Tapi, kalau kalian sungguh-sungguh hasilnya juga bakal memuaskan.

Alhamdulillah, aku sudah melewatinya dengan cukup baik. Berhasil lulus SMA walau bukan peraih nilai tertinggi, berhasil mendapat nilai UN yang memuaskan bagiku, dan berhasil mendapatkan satu kursi di salah satu jurusan di perguruan tinggi negeri.

Nah, sebenernya aku sendiri ga pernah ikut LBB atau bimbingan tes apapun. Baik itu untuk keperluan UAS, UN, hingga SNMPTN. Alhamdulillah semua bisa aku jalani dengan baik dan memuaskan.

Buat kalian yang kelas XII, sukses ga harus mahal kok. Sesuai dengan pengalamanku, aku kasih beberapa tips ;---)

1. Mumpung masih awal-awal tahun ajaran, coba deh dateng ke tetangga kalian yang beda usianya cuma setahun atau dua tahun. Datengin baik-baik terus rayu deh biar buku pelajaran mereka bisa turun ke kamu. Biasanya mereka nggak ngejual buku-buku tersebut.

2. Di sekitar rumah nggak ada tetangga yang seperti poin nomor 1? Tenang, ada yang namanya jejaring sosial macam facebook. Kalian pasti kenal beberapa kakak kelas, kan? :-) hubungi mereka di facebook via Message (psst...biar ga di-stalking pencari yang lain hihi). Coba tanyakan apakah ada buku yang bisa kalian pakai. Syukur-syukur kalau mereka nggak narikin ongkosnya. Minta alamat lengkap plus nomor hapenya.

3. Masih belum berhasil juga? Coba dateng ke sentra buku bekas. Ups! Buku bekas nggak semuanya jelek loh. Asal kalian pinter milih dan nawar pasti dapet yang masih mulus seperti baru :D oh ya, tips tambahan: semisal kalian mau beli buku IPA (Matematika, Fisikia, Kimia, Biologi) usahakan penerbitnya sama. Biasanya sih karena penerbitnya sama maka harga yang ditawarkan akan lebih murah daripada dengan penerbit berbeda. Eits, bukan berarti kalian nggak harus nawar. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kantong kalian.

4. Buku teks sudah di tangan? Masih butuh soal-soal? Tenang, nggak semua senior itu rajin kok *pengakuan :p* Ada beberapa senior yang punya buku latihan soal yang belum pernah terjamah sama sekali. Coba tanyakan pada mereka. Karena masih "agak bekas", kalian bakal kena harga yang (mungkin) nggak jauh dari harga aslinya. Tetep, di-nego yah ;--) Banyak juga malah yang memberikan secara gratis lembar soal-soal mereka :D

5. Teman kalian ada yang sudah les di LBB sebelum tahun ajaran baru dimulai? Wah, bagus tuh! Teman kalian itu tentu akan dapat soal-soal latihan atau mungkin tryout. Pinjam dan fotocopy soal mereka, kerjakan sendiri. Apabila mengalami kesulitan, kalian bisa bertanya kepada teman tadi :D

6. LBB pun biasanya juga mengeluarkan buku kumpulan rumus. Tapi, selain murid LBB tersebut, kalian nggak bisa minta. Eits! Bukan berarti kalian harus nyerah. Kembali ke senior, cari senior yang pernah ikut LBB, tanyakan apakah buku-buku rangkuman materi dan kumpulan rumus milik mereka masih ada.

7. Sudah mentok? Nggak ada lagi yang bisa dirayu-rayu? Tunggu! Jangan nyerah dulu! Kalian masih punya satu gudang serba ada bernama internet :D Sembari menunggu loading page social network kalian, coba deh googling dengan menggunakan keyword "soal". Entah itu soal latihan UN, soal seleksi mandiri PTN, maupun soal SNMPTN. Kalau kalian rajin, sabar, dan jeli, ada beberapa web yang melampirkan kunci jawabannya. :D

Itu tadi sedikit tips dari aku yang aku harap bisa berguna bagi kalian yang ingin sukses dengan dana minimum. Bukan berati dana minimum tidak bisa mewujudkan kesuksesan maksimum. Semua kembali kepada masing-masing individu. Sama saja bohong, sukses "merampok" buku senior tetapi tidak pernah dimanfaatkan. Nggak harus 12 jam belajar di depan buku. Niat sedikit saja sudah bisa membangkitkan semangat belajar :D

Ohya, aku sendiri sudah mulai merapikan rak bukuku dan berniat memberikan kepada adek kelas yang sudah lama booking buku-bukuku. Insya Allah jika masih ada sisa, aku kabari kalian, entah dari jejaring sosial atau via pesan singkat.

4 comments:

  1. bener-bener ampuh tuh mbak :D aku dapet soal-soal dari temenku sama cari-cari buku di toko buku bekas.
    kalau ada sisa buku aku mau ya mbak :)

    ReplyDelete
  2. makasih mas ferdi :D

    based on true story itu dek :--)

    ReplyDelete
  3. ide yang bagus :D mumpung tahun depan udah kelas 3, mending booking dari sekarang deh hihi :D

    ReplyDelete