Friday, 22 April 2011

Pendidikan Lingkungan Hidup

Mungkin nggak cuma aku aja yang dapet materi muatan lokal atau yang lebih dikenal dengan mulok berupa Pendidikan Lingkungan Hidup. Kurikulum di sekolahku mewajibkan seluruh siswanya dari kelas X hingga kelas XII untuk menerima mata pelajaran ini. Diadakannya mata pelajaran PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) ini, tentu mengundang pro dan kontra. Terlebih lagi di kalangan siswa kelas XII yang tentunga harus bersiap untuk UN atau Ujian Nasional.
Teman-temanku sesama kelas XII di sekolah, sebagian besar berpendapat bahwa pelajaran tersebut tidak berguna, hanya membuang jam pelajaran yang seharusnya terpakai untuk materi Ujian Nasional. Mereka pun setengah hati mengikuti pelajaran yang dibimbing oleh 2 orang tenaga pendidik untuk tiap kelas. Lebih miris lagi, mereka tidak menghiraukan apa yang dikatakan bapak ibu guru selama proses pembelajaran berlangsung. Teman-teman pun semakin menunjukkan sikap kurang berminat dengan mengajukan kepada Kepala Sekolah agar pelajaran ini dihapuskan untuk siswa kelas XII. Tentu, Kepala Sekolah tidak begitu saja menyetujui hal ini.
Dari kacamata ku, pelajaran berupa PLH yang diberikan selama 90 menit untuk satu minggu sangatlah membawa manfaat mengingat kita berdiri dan hidup di Negara Indonesia yang memiliki SDA yang melimpah ruah. Tentu sebagai penerus, kita harus tahu bagaimana cara mengolah secara bijaksana agar masih bisa dinikmati cucu-cucu kita nanti.
Apalagi mengingat volume pertambahan penduduk di Indonesia yang semakin tinggi, membuat lahan pemukiman semakin banyak mengorbankan hutan dan habitat asli flora fauna khas Indonesia, membuat PLH semakin harus digencarkan di kalangan pelajar. Jujur, aku sangat setuju dengan adanya pelajaran ini di sekolah. Selain bapak ibu guru mendidik kita bagaimana caranya berinterkasi dengan lingkungan, waktu 90 menit tersebut bisa digunakan agar teman-temanku yang acuh terhadap lingkungan terbuka mata dan pikirannya. Supaya mereka sadar, walaupun mereka punya uang dan segala macam bentuk harta benda, tanpa adanya kerja sama dengan lingkungan hidup, kita juga tidak dapat berbuat apa-apa.
Oleh karena itu, adanya PLH sebenarnya sangat bagus, apalagi jika dimulai sejak dini :)

No comments:

Post a Comment