Thursday, 14 April 2011

Earth from Above, Sunday 10th April

Hari Minggu, tepatnya tanggal 10 April 2011, aku menyempatkan diri untuk melihat suatu acara yang berjudul Earth from Above.
Program TV yang ditayangkan salah satu stasiun TV swasta di negri kita ini membahas tentang lingkungan hidup kita.

Kebetulan, episode yang aku lihat sedang membahas sumber daya alam yang ada di bumi kita ini.

Bermula dari Jepang, negara yang sangat terkenal dengan konsumsi ikannya ini ternyata menyimpan banyak rahasia di belakang sifat konsumtif mereka. Setiap harinya mereka membeli ikan dari pasar ikan di Jepang yang hasil tangkapannya sudah tidak lagi dari perairan mereka. Karena katanya, persediaan ikan disana sudah tinggal sedikit.

Salah satu nelayan disana pun merasa bahwa persediaan ikan di Jepang tidak akan habis selama masyarakat disana mengkonsumsinya dengan baik, tidak berlebihan. Menurut dia, konsumsi manusia jaman sekarang sudah melebihi batas yang seharusnya dan itu yang menyebabkan menipisnya sumber daya alam di bumi.

Belum lagi makanan siap santap yang tersedia di konbini atau semacam mini market 24 jam. Rata-rata mereka membuang 3 kantong penuh dengan makanan siap santap yang tidak laku. Dan yang lebih mengagetkan lagi, 1 pak makanan siap santap tersebut hanya memiliki masa jual 8 jam. Para pekerja di mini market diharuskan membuang makanan siap santap 2 jam sebelum masa jualnya habis.

Memang sayang, apalagi makanan itu masih bisa dinikmati. Tapi itu semua regulasi untuk menjaga kualitas makanan. Mubadzir kan ya membuang-buang makanan yang masih utuh dan baik kondisinya?

Berbeda dengan Jepang, Perancis yang terkenal dengan fashionnya, ternyata paling banyak berkontribusi dalam hal limbah pabrik. Salah satu pabrik pembuat celana jeans disana ternyata menghabiskan 1 liter air bersih dan 24 liter bensin hanya untuk 1 potong celana jeans. Celana itu belum dimodel ataupun diberi hiasan seperti permintaan pasar. Untuk satu celana jeans belel seperti yang sedang tren kini, banyak sekali bahan kimia dan bahan non kimia lainnya yang digunakan. Dan tentu menambah volume limbah pabrik yang akan dibuang ke alam.

Meskipun negara mereka telah mengatur prosedur pembuangan limbah pabrik, masih ada saja pabrik yang bandel, yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Mereka hanya memikirkan keuntungan besar yang mereka raup tanpa memikirkan dampaknya untuk lingkungan hidup. Padahal bahan utama dari celana jeans adalah katun yang didapat dari kapas bukan?

---

Melihat tayangan tersebut selama 2 jam membuat aku menjadi berpikir lagi. Walaupun itu semua merupakan sumber daya alam yang bisa diperbarui, jika kita menggunakannya berlebihan dan dikelola dengan tidak bijaksana, tentu akan habis juga bukan?

Maka dari itu, benar kata Rasulullah bahwa makanlah ketika kau lapar dan berhentilah sebelum kau kenyang. Selain menyehatkan, hal ini menghindari sifat konsumtif kita yang melewati batas kewajaran dan mengancam eksistensi dari sumber daya alam di muka bumi ini.

Mari kita jaga bersama-sama bumi kita yang sudah sangat tua ini. Mulai dari hal yang kecil dari diri kita sendiri. Satu langkah kecil bisa membawa perubahan besar :)

No comments:

Post a Comment