Saturday, 19 February 2011

Tips Menghadapi UN

UN atau Ujian Nasional bukan merupakan hal yang baru terutama di kalangan pelajar. Tidak jarang dan tidak perlu heran, banyak siswa yang merasa belum siap *termasuk saya* dan berujuang pada ketakutan sehingga akhirnya memilih jalan pintas.

Namun sebenarnya jika memang ingin sukses minimal mendapat sebuah kata "LULUS" , kita tidak perlu menjadi parno dan malah membuat takut diri sendiri.

Seorang teman yang kini sudah berada di bangku universitas memberikan saya tips singkat untuk menghilangkan kekhawatiran saya terhadap momok UN dalam benak saya.

  1. Rileks serileks-rileksnya pikiran kamu dari segala hal yang menakutkan tentang UN
  2. Sugesti pikiran dan diri kamu bahwa UN itu gampang dan pasti lulus semua. ____________*maaf ya ry, yang terakhir aku potong, nggak enak dibaca anak kecil :p*
  3. Bagi waktu secara seimbang. Jangan diforce untuk belajar terus menerus tapi juga jangan kebanyakan main.
  4. Jadwal kapan waktu untuk belajar dan waktu untuk bermain. Konsisten dan jangan gampang merasa puas terhadap latihan soal-soal yang sudah kamu kerjakan.
  5. Berdoa yang rajin, nabung yang rajin (?) , gemar membantu ortu. PASTI LULUS

dan ini tambahan kecil ketika dia berhasil meyakinkan saya bahwa sebenarnya tidak ada yang perlu ditakutkan.


nek udah bondo yakin, bondo soal-soal, terus bondo doa. Udah, lulus wes.
kalau sudah bermodal keyakinan, modal soal-soal, dan modal doa. Sudah, pasti lulus.


Jadi, untuk apa taktu? Toh, kita yang malah seharusnya belajar dan belajar karena ketakutan itu, kan? :)

nb: tips oleh Erry Pradana, Mahasiswa D4 Teknik Komputer PENS-ITS, dikutip dari chat via Y!m dan diedit oleh penulis :p

No comments:

Post a Comment