Friday, 31 December 2010

Kompas MuDA Creativity 4th Anniversary

Kompas MuDA Creativity 4th Anniversary
UNAIR Kampus B, Surabaya.
17-18 Desember 2010
17 Desember 2010
Hari pertama dari serangakaian lomba dan workshop yang diadakan oleh Kompas bekerja sama dengan Aqua dibuka oleh tarian remo dari tuan rumah, kampus UNAIR. Setelah sambutan dari pihak Kompas, Aqua dan UNAIR barulah acara dimulai. Peserta workshop fotografi segera memasuki Gedung C Fisip sedangkan untuk di outdoor sudah ada Grand Final Festival MuDAkustik yang pesertanya merupakan 10 besar dari penyisihan tanggal 2-3 Desember 2010. Setiap Grup haruslah membawa 2 lagu yang terdiri atas Jingle Kompas MuDA kreasi mereka sendiri dan 1 lagu wajib. Penampilan mereka harus memukau penonton karena 30% dari penilain berasal dari voting penonton. Untuk itulah mereka berusaha atraktif dan menyuguhkan yang terbaik untuk pengunjung maupun juri tentunya.
Pukul 3 sore peserta workshop fotografi memadati panggung outdoor. Yap! Mereka yang mengikuti workshop juga merupakan peserta lomba fotografi. Sejam kemudian workshop desain poster pun dimulai. Semua peserta yang telah berada di lokasi acara segera digiring menuju ruangan workshop. Bagaimana dengan panggung outdoor? Grand Final masih terus berlangsung dan semakin lama semakin meriah. Pendukung tiap grup pun ikut heboh bersama :D benar-benar seru rasanya. Sebelum beduk magrib berkumandang, acara di hari pertama telah usai. Para peserta lomba pun perlahan meninggalkan lokasi.
18 Desember 2010
Di hari kedua ini acara berlangsung sangat pagi! WOW! Mengapa? Karena ada funbike :D Dimulai di Taman Bungkul dan berakhir di Lapangan PPKK Kampus B Unair. Penyambutan kedatangan para peserta funbike dihelat meriah oleh Musik Limbah dan tagline yang diucapkan oleh Kompas dan sponsor. Sama seperti acara fun bike pada umumnya, pengundian door prize pun berjalan meriah. Kompas bersama sponsor nggak pernah pelit lo buat ngasih hadiah. Ada 10 sepeda polygon, souvenir dari sponsor, dan voucher nonton dari XXI. Sementara itu, peserta workshop komik sudah mulai berdatangan ikut memeriahkan acara. Selagi menunggu ruangan workshop siap, mereka keliling ke berbagai stand yang ada disana. Ada stand dari Robotic Explorer, Polygon, Fixie, Low Rider, Tarot, Lomo, dan Bike 2 Work. Mereka juga nggak pelit buat tampil di depan panggung. Menunjukkan keahlian masing-masing komunitas sampai panitia dan pengunjung pun menganga terkagum-kagum *haha*.
Setelah para peserta workshop komik turun, mereka langsung menyebar ke lokasi acara. Walaupun mereka sendiri asik dengan kertas dan pensil (menggambar komik) mereka masih antusias mengikuti acara di panggung outdoor. Pukul 1 siang, datanglah Alika, salah satu bintang tamu ibukota. Sudah pasti bertambah meriah acaranya Kompas MuDA. Itu baru satu yang tampil, masih ada 2 bintang tamu yang bakalan menghebohkan acara.
Ada lagi yang ditunggu mudaers Surabaya. Yak, narasumber workshop Inspirasi Penulis Muda tentunya, mbak Fira Basuki. Begitu sesi tanya jawab dibuka, nggak jarang peserta mengacungkan jari, bertanya banyak hal dengan mbak yang udah ahli dalam tulis menulis.
Di outdoor juga nggak kalah seru, ada grup dari Finalis MuDAkustik yang mengisi acara. Walaupun mereka tampil mendadak *ga terlalu mendadak juga sih* , penampilan mereka nggak mengecewakan lo. Tetap asik buat dilihat dan didengerin. Setelah mereka tampil, barulah bintang tamu yang kedua, Yudi Kemal, penyiar salah satu stasiun radio di Surabaya. Suguhan berupa 4 lagu sukses menarik peserta workshop Inspirasi Penulis MuDA senuym-senyum. Nggak pake banyak alasan, setelah Yudi Kemal, tampillah bintang tamu utama. Band asal Jogja yang sudah punya nama di Indonesia. Yak, The Rain.Mereka membawa lagu sesuai dengan konsep acara pada Festival MuDAkustik, secara akustik tentunya.
Acara pun ditutup dengan awarding, pengumuman pemenang lomba Akustik, fotografi, desain poster, dan komik. Walaupun hujan sempat singgah ke lokasi, tetapi acara tetap asik dan berjalan lancar.
Nggak rugi kalau kalian datang ke acaranya Kompas MuDA. Karena apa? Kompas nggak pelita bagi-bagi hadiah buat para peserta maupun pengunjung.
Jadi, buat mudaers yang belum sempat berpartisipasi dalam acara Kompas MuDA Creativity, jangan lupa untuk ikutan tahun 2011. Karena siapa tau, kamu yang beruntung ;)

No comments:

Post a Comment