Monday, 19 April 2010

Helo? Kamu Sudah SMA, Nak!

mungkin judul post yang kali ini agak frontal, kasar atau apalah yang nggak halus.

ya bisa jadi ini bentuk kekesalan saya terhadap beberapa adik kelas (yang menurut saya) manja.

gini, saya adalah panitia dari sebuah lembaga non-pemerintah yang tugasnya ngirim pelajar ke luar negri atau dengan kata lain pertukaran pelajar.
oke, jaman saya dulu mendaftar, saya total cuma berdua dengan teman saya, dani. orang tua saya hanya tau bahwa saya mengikuti sebuah program pertukaran pelajar dan butuh biaya pendaftaran.
intinya kami mengurus semuanya sendiri lah.
dari surat keterangan hingga legalisir.

sekarang?
beberapa adek kelas saya banyak yang menghubungi saya. tetapi yang bertanya bukan mereka, melainkan orang tua mereka.
bagi saya, tidak semua orang tua mengerti dan tahu (istilahnya gaul) tentang program ini. alhasil saya harus menjelaskan berkali-kali hingga mereka mengerti.

itu baru masalah pertama.
ada lagi lo yang sepertinya menunjukkan bahwa adik kelasku rada manja.

ehem maaf sebelumnya.
diprogram ini terdapat 3 tahap.
ujian tulis, wawancara, dan presentasi.
oke, saya mengakui kalau saya hanya mampu hingga tahap wawancara. tapi saya bangga karena tidak semua kontestan bisa menembus tahap pertama (bukan berarti tahap pertama susah lo ya).

kasarnya gini deh: mereka belum ngejalanin tahap pertama dan mereka belum tahu seperti apa tahap pertama itu, tapi mereka terus aja nguber pertanyaan tentang tahap wawancara.
halo? fokus tahap pertama dong syg, wawancara bisa sambil jalan kok. nanti juga dikabarin sama chapter kamu harus gimana.


ada juga yang kayaknya udah tanya ntar disana ngapain aja, hidup disana kayak gimana.
aku belum pernah ke luar negri, jujur aku gatau ntar bakalan ngapain disana.

helo? kamu lo belum seleksi, kenapa udah mikirin yang kayak gitu? nggak gampang lo nembus 3 tahap di Surabaya sendiri.
saya sendiri aja ga kepikiran tentang apa yang bakalan dilakuin disana. yaa karena emang ga kepikran kali ya haha.

soal persyaratan saya juga rada mengeluh nih sama beberapa peserta.
jelas-jelas sudah terlampir di aturan pendaftaran, kenapa masih ada yang tanya harus nyerahin berapa.
kan waktu beli formulir udah dijelasin sama panitia.
ntar ada yang jawab kalo lembarannya ilang.
waw , itu udah poin minus. karena berarti kamu nggak bisa nyimpen barang. atau mungkin tanggung jawabmu kurang.



anda semua sudah SMA , bukan masih SMA.
berarti anda dalam tahap menuju dewasa dimana anda sudah menjalani hidup dan pengalaman selama kurang lebih 16 tahun.
berarti anda seharusnya sudah bisa mandiri dan berjalan sendiri
punya inisiatif apa yang harus dilakukan
tau apa yang harus diambil.
bukan menyerahkan semua urusanmu kepada orang tua.
karena orang tua toh tidak mendapingimu selamanya.
ayo belajar mandiri dari sekarang.
memang, life skill lebih dibutuhkan

:)

No comments:

Post a Comment