Thursday, 25 March 2010

MOVE ON! YES!

JOURNALISM CLINIC 2010 ? MOVE ON YES!

Selama 2 hari aku ngikutin acara workshop jurnalistik yang diadakan UK Petra Surabaya. Sumpah seru abis! Nggak nyesel bayar mahal, karena emang yang dikasih juga setimpal.

23 Maret 2010
Hari pertama.
Setelah registrasi ulang, semua peserta masuk ke Ruang Audio Visualdi gedung T. Dibukalah acara oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi baru setelah itu materi tentang News Gathering. Saking banyaknya peserta, ada 88 peserta totalnya, maka kelas dibagi 2. 44 peserta atau 11 tim di gedung B, dan sisanya tetap di gedung T.

Sebelumnya, tiap tim dipanggil oleh Host kemudian disuruh berdiri, meneriakkan yel-yel masing-masing. Tapi sayang, timku nggak punya yel-yel. haha. Yang paling seru yel-yel dari sekolah yang di Jember *lupa nama sekolahnya*.

Beruntung karena aku dan tim nggak pindah :3 News Gathering di ruang T.502 diisi oleh J. Totok S., seorang reporter dari Suara Surabya.net. Beliau memberikan materi dengan sangat jelas dan tidak membosankan. Sesekali diselipkan guyonan agar peserta tidak jenuh.

Sesi pertama selesai pukul 11 siang. Kami diberi break 15 menit untuk menikmati snack dari panitia sekaligus membunuh kejenuhan.

Setelah itu sesi pun dilanjutkan hingga pukul 1 siang. Selama sesi berlangsung nggak jarang banyak peserta yang bertanya ini-itu kepada pembicara. Dengan sabar, tenang, dan gayanya yang keren, bapak Totok menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Setelah lunch break, semua peserta kembali ke ruang T.502. Katanya bakalan ada Konfrensi Pers dari seorang Mystery Guest yang sudah disiapkan panitia. Makin menarik aja nih acara.

eeh, ternyata pak Bondan Winarno, pembawa acara wisata kuliner. Beliau menghabiskan waktu selama kurang lebih 2 jam untuk berbincang, bercerita, hingga menjawab pertanyaan dari peserta.

Seru! Gokil abis!
Mumpung pak Bondan lagi di UK Petra, ngisi acara pula, peserta pun nggak buang2 kesempatan buat foto bareng. Alhasil, total 88 siswa minta foto bareng pak Bondan. haha


24 Maret 2010
Hari Kedua
acara dimulai jam 9 pagi. Dengan pembagian kelas yang sama seperti kemarin. Aku dan tim di ruangan T.502 bersama pak Totok sebagai pembicara. Kali ini membahas tentang News Writing. Karena masih ada waktu, host pun membuat permainan untuk berkenalan. SERU! soalnya kita disuruh kenalan paling dikit 20 orang yang beda sekolah. Ujung-ujungnya, ya foto-foto haha. Jadwal tetep kayak kmaren, tapi habis lunch kita dipisah lagi berdasarkan jabatan. Oh ya, aku lupa bilang. Tiap tim terdiri dari 2 reporter, 1 fotografer, dan 1 layouter. Daaan aku menjabat sebagai seorang layouter (sounds cooool :P).

Otomatis aku harus berpisah dengan teman 1 tim ku buat ngikutin workshop layout. Tempatnya ada di gedung C, di lab media. Setiap peserta diberi fasilitas berupa 1 buah komputer. Jujur, aku sama sekali buta Photoshop dan aku disana ngerasa minder. Rata2 mereka sudah ahli banget buat bikin layout. Sedangkan aku? Bener-bener newbie buat hal ini.

Jam 4 sore tepat, acara ditutup, artinya workshop pun selesai. Workshop seru dan asik, Seru2 pesertanya. Gokil2 semua :DD. Aku beneran having fun disana. :) aku mau dong kalo ada lagi kapan2.

No comments:

Post a Comment