Saturday, 27 March 2010

Disiplin Waktu

Terinspirasi dari curhatannya timechi :)

intinya dia rada marah karena temen-temennya pada ngaret buat ngumpul dan ngebahas masalah yg cukup penting, padahal dia udah standby 2 jam sebelumnya.

okay, siapa sih yang nggak bete dengan yang namanya nunggu? belum lagi kalo kita nunggu sendirian, dan gatau musti ngapain selama nunggu orang lain.

ini lo yang namanya disiplin waktu itu perlu. kenapa? supaya nggak ngerugiin orang lain. kita juga gamau dicap jelek kan hanya gara-gara ngaret? hm?

banyak banget orang yang ngeremehin waktu, apalagi waktu janjian. parahnya mereka ngeremehin waktu janjian yang nggak formal. seperti waktu ngumpul buat diskusi atau belajar bersama. kebanyakan mereka ngeremehin dengan alasan, "halah, nggak dihukum aja kok." oh yang bener aja, haruskah ada hukuman agar kamu dateng tepat waktu? haruskah ada hadiah jika kamu dateng tepat waktu?

kita sekolah dari SD hingga SMA dan banyak juga yang meneruskan ke perguruan tinggi. di setiap jenjang pendidikan itu, kita pastilah ketemu sama peraturan: masuk sekolah pukul 06.30 (beberapa sekolah memiliki jam masuk yang berbeda). apa yang terjadi jika terlambat datang? ada yang dihukum, kena poin, hingga disuruh pulang.

apa yang seharusnya bisa kita ambil dari peraturan yang sudah tidak asing lagi itu? seharusnya kita bisa lebih disiplin dari waktu ke waktu. lebih disiplin tanpa ada yang menyuruh, tanpa ada hadiah ataupun sanksi. ya, seharusnya.

tapi sayang, seaka-akan semua ngremehin hal kayak gini. seakan-akan itu cuma ada di instansi pemerintah atau dalam situasi formal. untuk situasi non-formal, kebanyakan mereka nggak pernah disiplin.

mengecewakan memang. orang-orang banyak yang nyepelein hal kayak gitu. nunggu bukanlah hal yang asik. terlebih kalo orang yang udah ngaretnya ga karuan cuman dateng dengan tampang sok imut, ga berdosa dan ga minta maaf. sakit.

Alhamdulillah, aku berusaha tepat waktu, datang lebih awal kalau bisa. kenapa? supaya yang bikin janji merasa dihargai, supaya merasa bahwa mereka bikin janji juga ga sisa-sia.
semoga dengan berjalannya waktu, banyak orang yang sadar tentang disiplin waktu :)

No comments:

Post a Comment