Wednesday, 16 September 2009

Buka Bersama

bulan ramadhan aka fasting month kayak gini uda dipastikan bakalan banyak undangan buat buka puasa bersama atau lebih keren disebut "buber".
tak terkecuali saya yang hanya pelajar sekolah mengah atas. tawaran yang datang tidak hanya dari kalangan teman sekelas bahkan bisa dari mantan teman sekelas.
jadwal yang padat menjadi salah satu masalah dalam menentukan waktu untuk mengadakan buka bersama. karena belum tentu pada tanggal yang ditetapkan tanpa musyawarah itu mereka bisa datang untuk mengikuti buber.

hal yang seperti itu saya alami sendiri. saya benar-benar bingung untuk menentukan tanggal yang tepat. biasanya buber diadakan dipertengahan bulan ramadhan. kalau terlalu awal mereka masi seru-serunya berbuka bareng keluarga, dan bila diadakan pada seminggu akhir sudah dipastikan mereka pergi ke kampung halaman. alhasil kita hanya bisa menghelat acara ditengah-tengah ramadhan.

buka bersama selain untuk acara berbuka bersama teman atau relasi, acara semacam ini bisa dijadikan momen untuk reuni atau berkumpul dengan teman-teman lama. tak heran kalau beberapa orang sangat antusias terhadap acara semacam ini, termasuk saya tentunya.
selain tanggal bisa jadi tempat yang menghambat adanya buka bersama. kalau anda-anda sekalian mengadakannya di kota besar seperti jakarta atau bandung maka tak perlulah bingung mencari tempat tongkrongan yang cozy dan santai. tapi apa jadinya kalau anda bertempat tinggal di surabaya (contohnya) yang menurut saya minim tempat cozy yang bisa dijadikan tempat buber.

sebenarnya ada tempat yang asik di surabaya, hanya saja tidak semua orang tau dimana tempatnya. jadilah panitia yang mengadakan acara mencari tempat yang sudah pasti diketahui oleh khalayak umum, dengan maksud agar mereka tak terlalu susah mencari. posisi juga patut diperhitungkan karena tidak semua orang setuju dengan tempat yang cukup jauh dan susah dijangkau olehnya. terpaksa yang diincar adalah tempat-tempat yang terletak di tengah kota.
tetapi kedua faktor penghambat itu tidak menjadi masalah ketika niat dan ambisi sudah berada diujung kepala alias sudah benar-benar ingin agar terlaksana. apapun bisa dilakukan agar acara buber bisa dihelat, sagar teman-teman bisa berkumpul.

apalagi zaman sekarang sudah dilengkapi dengan teknologi yang tidak merugikan.
contohnya saja, telepon. jika anda memiliki nomer telepon entah itu telepon seluler atau apapun selama bisa dihubungi mengapa tidak dicoba. selain itu anda juga bisa menyebar kabar melalui SMS. memang sih akan memakan pulsa yang tidak sedikit apalagi jika anda menghubungi teman seangkatan. facebook juga salah satu media untuk mengabari mereka. cukup men-tag nama mereka di notes maka dapat dipastikan mereka membaca, lebih bagus lagi jika meninggalkan komentar, berarti mereka juga ikut berpartisipasi.

saya sudah pernah mencoba ketiga cara tersebut untuk menghubungi teman-teman saya. perlu diketahui saya adalah ketua panitia acara buka bersama alumni 9i tahun 2007-2008. sudah pasti bukan hal mudah memberitahu mereka untuk datang ke sebuah acara sedangkan saya tidak memiliki semua nomer telepon. dari yang namanya telepon hingga facebook sudah dicoba. dengan harapan mereka memberi kabar apa mereka bisa datang, sehingga saya tidak kesulitan mendata.

akan tetapi hal yang saya pikirkan bakal berjalan mulus tidak semulus jalan yang diaspal. masih saja ada yang tidak mengetahui kabar tersebut. belum lagi kebingungan untuk menentukan tanggal, tempat, dan peserta.

dan pada akhirnya saya bisa juga menentukannya dengan bantuan beberapa teman yang selalu bersedia memberikan pendapat dan masukan.

walaupun sempat bimbang apakah bakal jadi diadakan atau diganti dengan acara halal bihalal, pada akhirnya saya tetap memilih untuk buka bersama.

saya jadi ingat kutipan yang berbunyi, "if there is a will, there is a way". dan itu benar. jika kita punya niat dan tekat yang kuat, pastilah ada jalan untuk mencapainya. asalkan jangan menyerah di tengah jalan atau usaha kita separuh jalan sebelumnya menjadi sia-sia.

13 September 2009

No comments:

Post a Comment